Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Wednesday 19 January 2011

Ruhani Agama

Allah SWT Dzat Yang Maha Pencipta. Menciptakan segala sesuatu berpasang pasangan. Allah SWT menciptakan jasmani dan ruhani keduanya saling melengkapi. Secantik cantiknya jasmani tetapi tanpa ruh tentu tidak ada apa apanya. Demikianlah pula Allah SWT telah menciptakan agama Islam ini ada ruhnya agama. Tanpa ruhnya agama maka tentu amal amal agama ini tidak ada apa apanya.

Allah SWT Dzat yang Maha Mencintai Hamba Hamba Nya. Allah SWT menghendaki hamba hamba Nya hidup bahagia dan tidak menghendaki walau sesaatpun kesengsaraan menimpa hamba hamba-Nya. Karenanya Allah SWT telah memberikan kepada hamba hamba-Nya yang dicintainya yakni agama Islam. Ni’mat agama ini memang ni’mat khusus yang hanya diberikan khusus untuk kekasih kekasih Allah SWT. Ni’mat ni’mat lainnya diberikan kepada semua ummat manusia karena di sisi Allah SWT ni’mat ni’mat tersebut tidak ada nilainya sedikitpun.

Ruh yang pertama dalam mengamalkan agama adalah mengamalkan agama dengan kecintaan karena agama adalah hadiah dari Sang Kekasih Dzat Yang Maha Mencintai. Pantaskah Allah SWT sudah Maha Mencintai hamba hamba-Nya , Rasulullaah saw sangat mencintai ummmatnya , sementara kita mengamalkan agama dengan perasaan tidak suka.

Ruh kedua dalam mengamalkan agama adalah mengamalkan agama dengan penuh rasa ni’mat yang sempurna bahwa agama satu satunya keni’matan sempurna karena agama adalah satu satunya keni’matan yang hanya khusus diberikan kepada kekasih kekasih Allah SWT .

Ruh agama ketiga adalah keyakinan hanya agama sajalah yang akan menjadikan hidup kita bahagia dunia dan akhirat, bukan harta benda bukan pangkat jabatan ataupun materi keduniaan lainnya.

Maka hendaknya untuk dapat memperoleh hakikat dari amal agama setidaknya ada tiga hal yang harus ada dalam ruhani kita, Amalkan agama dengan Rasa Cinta, Menikmati dengan sempurna amal agama tersebut dan Yakin seyakin yakinnya hanya amal agama saja yang dapat membuat hidup kita bahagia.

Secantik cantiknya amalan agama kita tanpa adanya ruh agama sebagaimana tersebut di atas ibarat wanita yang sangat cantik tetapi tidak ada ruhnya.

Ya Allah sempurnakan iman dan amal kami  
Ya Allah ampunilah segala dosa dosa kami baik yang disengaja maupun yang tak disengaja
Hanya Engkaulah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin









No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.