Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 10 March 2011

Ikhlas


Allah SWT Maha Mengetahui apa yang ada didalam hati setiap insan, Allah SWT Maha Mengetahui apa yang ada dalam rahim setiap wanita. Seluruh manusia dan jin berkumpul di suatu tempat untuk memohon kepada Allah SWT dengan bahasanya masing masing, maka Allah SWT Maha Mengetahui setiap permohonan hamba hamba-Nya itu dan Allah Maha Kuasa untuk mengabulkan semua permohonan hamba hamba-Nya dengan tidak mengurangi sedikitpun dari Khasanah-Nya melainkan seperti ujung jarum yang dicelupkan kedalam samudra luas membentang.
Seorang shahabat telah bertanya kepada Rasulullaah saw tentang hakikat ikhlas, maka Beliau tidak menjawabnya kemudian suatu saat Rasulullaah saw bertanya kepada malaikat Jibril as mengenai hakikat ikhlas tersebut, maka malaikat Jibrilpun tidak mampu memberikan jawabannya. Akhirnya malaikat Jibril as pun bertanya kepada Allah SWT apa sebenarnya hakikat ikhlas itu. Allah SWT berfirman bahwa ikhlas adalah rahasia dari rahasia-Nya . Kita tidak akan pernah mengetahuinya hingga kita nanti dihadapan Sang Hakim untuk mengetahui amalan amalan kita apakah diterima dengan penuh ridha atau tidak. Bisa saja terjadi amalan yang dikira sepele ternyata diterima di sisi Allah SWT dengan penuh ridha-Nya demikian pula amalan yang nampak dimata manusia sebagai amalan yang sangat luar biasa namun ternyata di sisi Allah SWT ditolak-Nya karena Allah SWT Maha Mengetahui akan niat hamba hamba-Nya.

Janganlah kita merendahkan suatu amalan agama sekecil apapun amalan agama itu dimata kita, karena bisa jadi hal itu adalah sangat besar nilainya di sisi Allah SWT, sebaliknya janganlah kita menyombongkan diri karena merasa telah berbuat amal yang sangat besar menurut keyakinan kita. Karena kesombongan kita itu maka amalan yang sebenarnya sangat mulia ini ternodai dengan kesombongan, dan akhirnya musnah binasa tanpa tersisa. Inilah usaha syaithan untuk membinasakan kita dengan menganggap remeh amal amal agama dan menumbuhkan rasa bangga diri, ujub dengan amal amal yang telah kita buat. Sedekah sebiji kurma dengan niat ikhlas semata mata mengharap ridha Allah SWT maka akan mendapat pahala yang nilainya melebihi besarnya gunung Uhud, sebaliknya hamba hamba Allah SWT yang pertama kali diadili justru adalah hamba hamba Allah SWT yang menurut perkiraan manusia adalah hamba hamba Allah SWT yang paling baik didunia yaitu seorang Ulama, seorang Dermawan dan seorang Pejuang agama. Semua mereka telah gagal dihadapan Allah SWT karena dalam hatinya ada keinginan lain selain ridha Allah SWT yakni popularitas dan kebanggaan diri dan sakit hatinya bila tidak mendapatkan popularitas itu yakni sebutan sebagai seorang Ulama yang bijaksana, sebutan sebagai Dermawan yang arif dan sebutan sebagai seorang Pejuang Agama yang gagah berani.

Ikhlas dalam beramal tidak saja diawal melainkan juga harus dikoreksi niat tersebut pada perjalanan amal dan pada akhir dari beramal. Maka sebaiknya untuk orang awam seperti kita, setelah beramal kita terus banyak banyak beristighfar agar keburukan dari niat kita diampuni Allah SWT dan kebaikan dari amal ini diterima Allah dan disempurnakan-Nya.

Jangan pernah berputus asa dalam beramal dan jangan pernah merasa rendah diri dengan amalan amalan yang sementara ini kita baru mampu kerjakan. Jangan putus asa dari Rachmat Allah jika suatu saat kita tersalah berbuat khilaf dan dosa. Allah sangat murka kepada hamba hamba-Nya yang gampang menyerah dan gampang putus asa . Segera beristighfar kepada Allah SWT dan berprasangka baik kepada-Nya , bertobat dan yakinlah bahwa pintu pintu kebaikan selalu ada bagi orang orang yang benar benar ingin memperbaiki dirinya.

Walau kita tak pernah tahu persis apa ikhlas itu tetapi Ulama telah memberitahukan kepada kita ciri dan tanda amalan yang ikhlas. Contoh gambaran amalan yang ikhlas adalah ( maaf ) sebagaimana kita buang hajat maka kita tidak ingin membangga banggakan kotoran tersebut kepada orang orang. Kita bahkan menutup rapat rapat agar semua orang tidak mengetahuinya dan kita juga tak pernah mau mengingat ingat apa apa yang telah kita keluarkan. Maka ikhlas pun juga demikian tidak ingin rasanya dan bahkan sangat malu jika diketahui amalan kita oleh orang banyak. Dan kita tidak mengingat ingat apa apa yang sudah diamal tetapi apa yang belum kita buatlah yang kita terus risaukan. Contoh gambaran ikhlas lainnya adalah ketika kita sedang tidur maka sangat khusyuk sekali , tidak ada keinginan apapun selain tidur itu sendiri jika sudah sangat mengantuk sekali.  Tawaran tawaran apapun akan kita tolak dengan tegas jika kita sangat lelah dan kantuk . Maka ikhlas demikian juga hanya ridha Allah saja yang kita maui bukan yang lainnya

Ya Allah anugerahkan kami hakikat niat Ikhlas kedalam hati ini
Terimalah seluruh amal amal kami dengan penuh ridha-Mu
Ampuni segala kesalahan dan kekhilafan serta dosa dosa kami
Baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja
Baik dosa kecil maupun dosa dosa yang besar
Hanya Engkau sajalah wahai Allah Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Hanya Engkau sajalah wahai Allah Dzat Yang Maha Pengampun atas segala dosa dosa kami.
Aamiin ya Rabbal aalamiin.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.