Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 13 January 2011

Kisah Dua Penghuni Neraka


Dua penghuni neraka yang ada Iman dalam dadanya namun karena dosa dosanya di dunia telah dihadapkan kepada Allah SWT. Keduanya lalu ditanya mengenai keadaan mereka selama di neraka. Tidak dapat dibayangkan penderitaan selama di neraka tersebut. Tiba tiba keduanya lalu diperintahkan untuk kembali masuk kedalam neraka jahannam.
Satu orang penghuni neraka tersebut langsung balik kanan dan berlari dengan sangat kencang menuju ke neraka. Ketika hendak menceburkan dirinya kembali ke dalam neraka maka tiba tiba malaikat penjaga neraka diperintah untuk menahan orang tersebut dan dihadapkan kembali kepada Allah SWT.
Satu orang lagi dengan pandangan yang penuh keheranan tidak segera melaksanakan perintah Allah SWT. Lama dia berdiri, kemudian dia balik kanan dan dengan langkah yang penuh keraguan diapun menuju ke neraka. Setelah beberapa langkah kemudian dia membalikkan badannya sambil memandang dengan penuh harapan , namun ketika tidak ada perubahan perintah dari Allah SWT maka dia kembali melangkah dengan penuh keraguan menuju ke neraka. Demikianlah berkali kali dia telah membalikkan badannya menghadap kepada Allah SWT namun ketika tetap tidak ada perubahan perintah akhirnya penghuni neraka kedua itupun hendak menceburkan dirinya kembali kedalam neraka jahannam. Ketika orang itu akan melompat ke dalam neraka maka malaikat penjaga neraka telah diperintah untuk menahannya dan menghadapkannya kembali kepada Allah SWT.

Orang pertama telah ditanya mengapa ia tanpa ragu berlari sangat kencang untuk kembali menceburkan dirinya ke dalam neraka jahannam.  Dijawab  “ Wahai Allah SWT dulu ketika aku di dunia selalu saja menentang segala perintah perintah Mu, maka aku merasakan siksa api neraka jahannam ini, sekarang aku berjanji untuk selalu ta’at apapun perintah Mu dan ternyata Engkau telah memerintahkan aku untuk memasuki neraka jahannam, maka akupun tidak perduli , tanpa ragu sedikitpun aku melaksanakan perintah Mu itu.”
Orang kedua pun ditanya mengapa tidak segera melaksanakan perintah Allah SWT untuk kembali masuk kedalam neraka jahannam. “Wahai Allah dulu ketika aku di dunia aku selalu saja prasangka buruk terhadap semua perintah Engkau, apa gunanya sholat apa manfaatnya puasa, ternyata semua perintah peintah Engkau ujung ujungnya adalah keni’matan syurga. Maka ketika Engkau memerintahkan aku untuk masuk neraka aku sangat tidak yakin karena semua perintah Engkau pasti dan pasti untuk masuk syurga dan bukan untuk masuk neraka.” Maka karena keduanya telah Ta’at dan telah Yakin dan Berprasangka Baik pada semua peirntah Allah SWT maka keduanyapun diampuni dan dimasukkan kedalam syurga.
Ulama selalu mengajak ummat manusia untuk melaksanakan perintah Allah SWT atas dasar KETA’ATAN , SAMI’NA WA ATO’NA, harus dilandasi KEYAKINAN YANG TANPA KERAGUAN SEDIKITPUN, dan jangan pernah berprasangka buruk kepada Allah SWT
Alif Laam Miim.
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka, ( QS Al Baqarah ayat  s/d 3 )

Ya Allah mudahkan kami dalam menta’ti semua perintah perintah Mu
Ya Allah hilangkan keraguan yang ada dalam hati kami dan gantilah dengan keyakinan yang sempurna akan janji janji Mu
Ya Allah jangan Engkau biarkan hatiku menyimpan prasangka buruk kepada Mu
Ampunilah segala dosa dosa kami ya Allah.


1 comment:

  1. kisah yang menyentuh , Ya ALLAH jangan Engkau biarkan hatiku menyimpan prasangka buruk kepada- MU , kuatkan imanku ampunilah segala dosaku ya Allah

    ReplyDelete

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.