Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Sunday 23 January 2011

Ahh itu khan hadist yang dhoif, ….tidak shahih.

Sekecil apapun makhluk ciptaan Allah SWTpasti ada manfaatnya, semisal bakteri atau bahkan virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit, ternyata dibalik itu Allah SWT simpan rizki jutaan ummat manusia melalui obat obatan, melalui rumah sakit , alat alat kesehatan dan lain lain sebagainya. Allah SWT simpan ilmu pengetahuan yang sungguh luar biasa untuk kesejahteraan ummat manusia.
Atau yang paling kecil semisal atom , proton dan neutron. Dari ukuran memang kecil namun setelah diteliti manusia maka lahirlah teori relativitas Einstein lalu dikembangkan lagi lahirlah ilmu nuklir dan tenaga nuklir yang sangat dahsyat.

Kecil ukuran tidak berarti kecil pula nilainya atau kecil manfaatnya.

Sekarang kita bandingkan dengan agama. Sekecil kecil perkara agama jauh lebih hebat daripada perkara dunia bahkan tak dapat dibandingkan karena perkara agama akan kekal abadi sebaliknya dunia dan seisinya akan musnah lenyap saat Allah SWT hancurkan dengan kedatangan hari Kiamat.  
Tetapi hari ini ummat Islam telah mengaggap kecil perkara agama :

“Ah itu khan hanya sunnah saja, perkara yang kecil , bukan wajib ,”

“Ah itu khan hadist yang dhaif,… tidak shahih, aku maunya yang shahih shahih saja, yang dhaif no way.”  

Sesungguhnya perkara agama tidak ada yang tidak penting. Semuanya penting dan besar nilainya di sisi Allah SWT .

Sesungguhnya iman kitalah yang dhoif , pengamalan agama kitalah yang tidak shahih.

Manakala ummat Islam sudah mengganggap kecil perkara agama sesungguhnnya ia telah menyombongkan diri terhadap Rachmat Allah SWT. Tidakkah kita tergerak untuk meneliti setiap amalan amalan agama dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.  Kalau atom saja yang kita anggap paling kecil mampu menghasilkan tenaga nuklir yang begitu dahsyat, tidak bisa kita bayangkan bagaimana amal agama akan menghasilkan kekuatan yang jauh lebih hebat dan dahsyat bila kita serius memikirkannya dan mengamalkannya sekecil apapun amal agama tersebut .

Sayang sekali ummat Islam tertinggal dengan ummat ummat manusia lainnya. Mereka telah dengan serius memikirkan hal hal yang nampak kecil yang dianggap kecil oleh manusia tetapi ternyata terkandung kekuatan yang sangat dahsyat. Sebaliknya ummat Islam bahkan mengecil ngecilkan amal amal agama bahkan tanpa sadar sudah meremehkan atau “menghina” perkara agama . Bagaimana ummat Islam akan maju, bagaimana ummat Islam akan menang, bagaimana ummat Islam akan berjaya kembali kalau seperti ini.

Kita beristighfar kepada Allah SWT atas segala kelalaian ini.

Tidak ada doa mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".
(QS Ali Imran ayat 147)

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.