Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Monday 19 May 2014

Pasti Kecewa......

Sudah menjadi sifat manusia selalu merasa kurang. Andai diberi sebuah bukit emas sudah bisa dipastikan ingin mendapat bukit kedua. Walau diberi bukit emas keduapun masih ingin lebih banyak lagi. Baru berhenti apabila bola mata dua duanya tertutupi debu alias kematian. Walaupun demikian sifat manusia yang serba kekurangan ini ada pula keuntungannya. Jika dimanfaatkan untuk hal hal kebaikan tentu saja.

Sebut saja seseorang telah melaksanakan kewajibannya yakni menegakkan sholat fardlu, kalau sudah merasa cukup maka akan berhenti sampai disitu saja. Beda apabila masih merasa kurang . Berdiri lagi menambah lagi dengan sholat sholat sunnah. Masih merasa belum puas juga , duduk lagi menambah amal amal lain berupa dzikir, tilawat al Qur’an berdo’a dan amal amal lain lagi. Bahkan sampai disinipun masih juga ada yang belum puas. Berhubung kondisi fisiknya lemah sehingga hanya dapat berharap semua amalnya dapat diterima dengan sepenuh Ridlo Allah SWT.

Alkisah ada tiga orang pemuda yang mendapat perintah dari seorang Raja.Tiga pemuda ini disuruh Raja untuk memasuki sebuah gudang kerajaan yang didalamnya terdapat benda benda untuk diambil semampunya. Raja berucap kepada tiga pemuda tersebut bahwa sekeluar dari gudang kerajaan pasti semuanya akan berasa kecewa. Pemuda pertama berkata dalam batinnya, buat apa aku mengambil benda benda ini banyak banyak kalau aku pastinya akan berasa kecewa juga. Lalu diambillah benda benda kecil kedalam sakunya. Pemuda kedua berfikir apa sebetulnya benda benda ini karena didalam gudang kerajaan sangat gelap sekali. Jangan jangan emas berlian permata, atau malah hanya batu batu kali biasa. Karena ragu ragu maka diambil hanya satu kantong sedang lalu dijinjingnya dengan enteng. Pemuda ketiga yakin benar kalau benda benda didalam gua itu adalah benda benda mulia. Didalam hati pemuda itu berkata dengan penuh keyakinan tidak mungkin Raja menyimpan barang barang tidak berguna, pasti benda benda ini benda benda yang sangat mahal sekali harganya. Dengan penuh semangat pemuda ketiga mengambil sebanyak banyaknya benda benda itu dengan sebuah karung besar dan kemudian dipanggulnya.

Ketika keluar dari gudang kerajaan maka terkejutlah ketiga pemuda itu.Ternyata benda benda yang mereka ambil adalah mutiara, berlian, emas dan permata. Pemuda pertama sangat kecewa sekali karena hanya mengambil sedikit disakunya. Pemuda keduapun juga kecewa karena ragu ragu mengambil harta benda itu hanya sekantung sedang. Pemuda ketiga walau sudah mengambil banyak tetap berasa kecewa juga sesuai perkataan Raja semuanya akan kecewa, karena sebetulnya dia mampu membawa dua karung besar kalau dipaksakan.

Demikianlah kesempatan kehidupan di dunia ini sebagaimana didalam gudang kerajaan yang penuh dengan “benda benda sangat berharga” berupa amal amal agama. Ulama mengatakan bahwa semua ummat manusia pasti akan berasa kecewa tidak terkecuali orang yang beramal sedikit, beramal sedang maupun beramal sangat banyak. Setelah kematian tiba maka barulah diperlihatkan apa sebetulnya amal amal agama yang telah diperintahkan Allah SWT. Apa sebetulnya wujud sholat, wujud baca Al Qur’an , wujud dzikir, do’a, sedekah , dakwah dan lain lain amal,agama ketika sudah berada dialam kubur nanti terlebih lebih di alam akhirat,kelak.

Lalu agar tidak terlalu kecewa bagaimana ?

1.     Hanya,mengharap Ridlo Allah SWT saja dalam beramal
2.     Jangan merasa cukup dengan amal amal yang sudah dibuat, masih banyak amal amal lain,yang belum dikerjakan.
3.     Jangan pernah menyepelekan amal amal agama seringan apapun sekecil apapun baik kepada diri sendiri maupun amal amal yang dikerjakan oleh orang lain karena kita tidak pernah tahu amal mana atau amal siapa yang akan diterima dengan penuh Ridlo Allah SWT
4.     Jangan pernah menyombongkan diri dengan amal amal yang telah dibuat
5.     Jangan pernah membatasi amalan, niatkan untuk seluruh ummat manusia sampai hari kiamat kelak
6.     Ajak manusia dan saling ajak mengajak untuk taat kepada Allah SWT dan kembali kepada cara Sunnah Rasul saw dengan berdakwah.

‘’Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,karena dia melihat dirinya serba cukup.’’(QS al-`alaq : 6-7)

QS 22:23 Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh ke dalam surga-surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.

Mari amal dan niat sampaikan pada semua ummat manusia illayaumil qiyamat

In syaa Allah, Jazakumullah

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.