Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Saturday 13 June 2020

Rasa malu dan takut


Rasa malu dan takut

Perasaan malu perasaan takut dan lain lain adalah hal yang ada pada semua orang sehingga mengapa harus malu harus takut kalau semua orang juga punya perasaan tersebut. Malu serta takut sesungguhnya merupakan sarana yang sangat baik untuk mencegah kita melakukan hal hal yang tidak dibenarkan. Malu untuk berbuat dosa takut jika semua mengetahui siapa sesungguhnya diri kita akan mendorong untuk  selalu berbuat yang baik dan benar. Awalnya motivasi kita hanya malu dilihat orang takut diketahui orang lama kelamaan meningkat lagi malu dilihat Allah Azza wa Jalla takut diketahui Allah SWT yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui segala galanya. Ringkasnya perasaan malu dan perasaan takut memang telah diberikan kepada semua orang untuk mencegah dari perbuatan buruk dan kemaksiatan lainnya namun jangan sampai perasaan malu dan takut menjadikan seseorang tidak berani berbuat kebajikan dan perbuatan mulia lainnya.

Rasul saw bersabda
عن أبي مسعود البدري رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن مما أدرك الناس من كلام النبوة الأولى : إذا لم تستحي ، فاصنع ما شئت. رواه البخاري .

“Dari Abu Mas’ud radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya perkataan yang diwarisi oleh orang-orang dari perkataan nabi-nabi terdahulu adalah: ‘Jika engkau tidak malu, perbuatlah sesukamu’.” (HR. Bukhari no. 3483)

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 139)

Rasa malu rasa takut hendaknya diletakkan pada tempat yang tepat sehingga membawa kebaikan untuk itu harus selalu dibiasakan dilatih mengatasi rasa malu dan takut yang tidak pada tempatnya. Pertama tama yang harus dihadirkan dalam hati kita adalah jika saya merasa malu dan merasa takut maka sebenarnya semua orang punya rasa malu dan rasa takut maka mengapa harus malu dan takut untuk sesuatu yang memang ada pada semua orang. 
Rasa malu rasa takut ada sisi positifnya dalam mencegah seseorang berbuat kejahatan maka tinggal menempatkan saja pada posisi yang tepat sehingga kita tercegah dari kemaksiatan. Lebih mudah menempatkan pada tempat yang tepat daripada menghilangkan sesuatu yang sebetulnya tidak bisa dan tidak boleh dilenyapkan.

Rasa malu dan rasa takut yang tidak pada tempatnya harus dilawan dengan pemaksaan pada awalnya karena segala sesuatu diawal awal memang berat, sulit dan wajib dipaksakan jika tidak sampai kapanpun tidak akan pernah berubah tetap saja salah menempatkan rasa malu dan rasa takut tersebut.
Pada zaman ini bahkan orang orang tidak ada lagi rasa malu dan perasaan takut untuk berbuat dosa dan kemaksiatan dan inilah kesempatan bagi kita untuk juga tidak malu malu dan tidak ada rasa takut takut lagi mengingatkan dan mengajak ummat manuisa untuk bertaqwa kepada Allah SWT untuk meneladani hidup Rasulullaah saw dalam segala aspek kehidupan.

Seandainya kita malu dan takut mengajak kepada agama Allah SWT yang jelas jelas diridhoi Nya maka manusia kelak akan tidak ada rasa malu serta takut takut lagi mengajak kepada jurang kehancuran kemaksiatan.
Termasuk dalam pengendalian diri yakni memenej perasaan malu dan takut sehingga menempati tempat yang tepat . Butuh proses yang tidak sedikit namun bukan hal yang mustahil apabila ada kemauan yang kuat.

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ‌ؕ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ اْمُحْسِنِيْنَ

‘Dan bagi orang-orang yang berjuang untuk Kami, sesungguhnya Kami akan memberi petunjuk kepada mereka pada jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat kebaikan’ (Q.S. 29 / Al Ankabut : 70).

Ayo jangan malu malu dan jangan takut takut berbuat kebajikan dan mengajak semua orang untuk juga berbuat kebajikan sementara saat ini begitu banyak sekali orang orang yang tidak ada rasa malu sedikitpun dan tidak ada rasa takutnya kepada Allah SWT untuk bermaksiat dan mempertontonkan kemaksiatan dihadapan ummat manusia.
In Syaa Allah.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.