Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 11 June 2020


Menolong ( Agama ) Allah

Segala gala kejadian berlaku atas Kehendak Allah SWT dan tanpa pertolonganAllah SWT maka sekecil apapun masalah tidak akan selesai namun sebaliknya apapun masalah didunia pasti akan selesai dengan sempurna sebaik baiknya dengan datangnya Pertolongan Allah SWT.


Manusia hidup di dunia memang untuk diuji oleh Nya dan ujian dari Allah Azza wa Jalla sudah disesuaikan dengan kemampuan hamba. Maka tinggal menjalani saja apapun masalah yang diberikan Nya sebab dibalik semua ujian hidup pasti ada pertolongan ada jalan keluar terbaik. Mustahil ada masalah tetapi tidak ada solusinya. Masalah sumbernya dari Nya penyelesaian pun hanya dari Nya juga.
Jadi sebaik baik penyelesaian masalah hanya dengan mengembalikan saja kepada Allah Azza wa Jalla maka akan ditolong akan dibimbing dibantu sampai benar benar tuntas segala masalah.
Bagaimana agar Allah SWT menolong membantu menyelesaikan segala gala masalah ?

ALLAH berfirman dalam Surat Muhammad ayat 7, yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Yang dimaksud menolong yakni melaksanakan sebagian atau keseluruhan suatu pekerjaan dari yang akan ditolong. Sebagai contoh seseorang hendak menolong seorang petani maka dia bisa membantu dengan mencangkul di sawah, menyiangi tanamannya atau ikut memanennya kelak. Atau membantu seorang pedagang dengan turut mencari barang barang yang akan diperdagangkan, ikut menjualnya dan lain sebaginya. Demikian pula dengan menolong Allah SWT tidak cukup dengan mengerjakan sholat, berpuasa haji berdzikir dan ibadah yang menjadi kewajiban seorang hamba. Semuanya itu memang sudah menjadi kewajiban seorang hamba yang beragama Islam. Kalau menolong Allah SWT harusnya mengerjakan sebagian Pekerjaan Allah SWT yaitu Menyelamatkan ummat manusia sebagaimana para Nabi dan Rasul saw yang telah menolong Allah SWT.

وَٱللَّهُ يَدْعُوٓا۟ إِلَىٰ دَارِ ٱلسَّلَٰمِ وَيَهْدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).”

Allah SWT menyeru ummat manusia ke syurga maka siapa saja yang akan membantu Allah SWT hendaknya melaksanakan pekerjaan para Nabi dan Rasul saw yang telah menyeru ummat manusia untuk masuk kedalam syurga.
Memang semenjak Rasul saw wafat tidak ada lagi dan tidak akan ada lagi Nabi atau Rasul diturunkan kemuka bumi ini tetapi kerja kenabian sampai akhir zaman itulah kerja menolong (Agama ) Allah SWT. Dan siapa saja ummat akhir zaman wajib mengerjakan ini agar mendapat pertolongan dari Allah SWT.

إِن يَنصُرۡكُمُ ٱللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمۡ‌ۖ وَإِن يَخۡذُلۡكُمۡ فَمَن ذَا ٱلَّذِى يَنصُرُكُم مِّنۢ بَعۡدِهِۦ‌ۗ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ

Artinya: “Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu, dan jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mu’min bertawakkal.” (QS Ali Imran [3]:160).

Sebesar dan seberat apapun masalah yang ada didalam hidup ini akan selesai hanya dengan datangnya pertolongan Allah SWT sebaliknya jika tidak ditolong Allah SWT maka masalah sekecil apapun tidak akan selesai bahkan akan semakin rumit semakin besar. Oleh sebab itu jadikan segala aktifitas kita sebagai sarana menolong agama Allah SWT pasti masalah masalah dunia dan akhirat kita akan ditolong Allah dan masalah selesai dengan sebaik baiknya dan diridhoi Nya, aamiin

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.