Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 5 June 2020

Fastabiqul Khoirot


Hidup manusia didunia dibatasi oleh segala sesuatu diantaranya kesempatan waktu hidup, keterbatasan kemampuan, keterbatasan ilmu pengetahuan, keterbatasan mal atau harta benda, keterbatasan kekuasaan dan lain sebagainya. Namun Allah SWT telah membuat aturan aturan sehingga walau dengan keterbatasan keterbatasan tersebut hamba Allah dapat tetap meraih kebaikan setinggi tingginya. Oleh sebab itu Allah SWT telah memerintahkan dan memberi motivasi untuk meraihnya dengan fastabiqul khoirot

Di dalam Al-Qur’an, kalimat fastabiqul khairat kita dapati dalam ayat berikut ini:

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah, 2: 148)

Makna kalimat fastabiqul khairat dalam ayat ini adalah bersegera mentaati, menerima, dan mengikuti perintah/syariat Allah Ta’ala.
Kalimat ini menanamkan sebuah prinsip keimanan di dalam dada kaum muslimin; yaitu bersegera, berlomba, serta menjadi yang terdepan dalam melaksanakan ketaatan dan meraih ridho Allah Ta’ala.

وَفِي ذَلِكَ فَلْيَتَنَافَسِ الْمُتَنَافِسُوْنَ
 Dan untuk yang demikian itu hendaklah orang berlomba-lomba.” (QS. Al-Muthaffifin, 83: 26)

Didalam kehidupan duniawi manusia selalu berlomba lomba untuk dapat keuntungan yang yang sebanyak banyak nya dan sebesar besarnya. Dikerah kan segenap kekuatan, fikir dan usaha usaha lainnya dengan pengorbanan yang tidak sedikit agar tercapai segala keinginannya. Semuanya sebab dorongan nafsu yang ada pada manusia, maka alangkah baiknya seandainya nafsu untuk berlomba lomba mencari keuntungan dunia dialihkan kepada suatu perlombaan meraih kebaikan akhirat yang setinggi tingginya dan sebanyak banyaknya.

Waktu yang diberikan Allah SWT sesungguhnya sangat singkat sekali namun demikian apabila kita menyikapi dan memahami dengan benar dapat dimanfaatkan sebaik baiknya. Jangan sia siakan waktu dengan bersantai santai , menunda nunda kebajikan bermalas malasan terlalu idealis yang cenderung berlebih lebihan sehingga malah tidak berbuat apa apa. Prinsipnya kerjakan apa yang kita bisa maka Allah SWT akan Kerjakan dengan Kakuasaan Nya. Kerjakan apa yang sudah kita ketahui maka Allah SWT akan tambah ilmu ilmu yang sebelumnya kita tidak ketahui. In syaa Allah dengan mengamalkan setiap ilmu yang sudah kita ketahui maka Allah SWT akan tambah ilmu ilmu baru kepada kita dan akan tambah kemampuan dalam mengamalkan perintah perintah agama yang lainnya.
Dengan niat untuk amalkan semua perintah Allah SWT dengan sempurna sesuai sunnah Rasul saw 24 jam dalam sehari maka dengan Rahmat Allah akan disempurnakan sesuai dengan kesungguh sungguhan kita.

.Allah Azzawajalla berfirman..

ٱلَّذِينَ جَٰهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِـــنِين

"Walladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana, wainnallaha lama’al muhsinin."

Artinya :

"Mereka yang berjuang untuk melawan hawa nafsu kerana menempuh jalan Kami,   
 sesungguhnya Kami akan tunjukkan jalan Kami.
 Sesungguhnya Allah itu berserta dengan orang yang berbuat baik."

In syaa Allah dengan bersegera dalam kebajikan semoga Allah SWT senantiasa bimbing kita dan tolong kita dalam menyempurnakan ketaatan kita kepada Nya, dan cara hidup sesuai sunnah Rasul saw, aamiin

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.