Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Wednesday 24 June 2020

BAGAIMANA MENGATASI PENYAKIT HATI DALAM AMAL AGAMA ?


Bagaimana mengatasi penyakit hati dalam amal agama ?

Tidak ada hal yang lebih mudah didalam hidup ini melebihi kemudahan dalam mengamalkan agama. Allah SWT Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang telah memudahkan sedemikian rupa agama Islam sehingga siapapun tanpa terkecuali pasti dapat amalkan agama dengan sangat mudah semudah mudahnya. Sebab agama adalah hal paling penting dalam kehidupan ummat manusia hal yang mutlak harus ada dalam hidup didunia ini maka sudah menjadi sunnatullah bahwa segala sesuatu yang sangat penting paling penting dibuat sangat mudah bahkan paling mudah untuk mendapatkannya atau untuk mengamalkannya.


Apakah agama itu ? Agama adalah keseluruhan perintah perintah Allah SWT yang telah dibawa Rasul saw dengan contoh yang diberikan Rasul saw dalam keseharian 24 jam. Sehingga manakala kita sudah meyakini bahwa hal ini adalah perintah dari Allah SWT dan sudah jelas jelas Rasul saw mencontohkannya maka tinggal diamal saja. Mudahkan diri kita untuk senantiasa taat kepada Allah SWT dan mudahkan diri kita untuk selalu menjalani kehidupan sesuai sunnah Rasul saw atau dalam istilah agamanya kita sebagai orang yang beriman konsekuensinya yaitu Sami’na wa Atho’na , saya dengar dan saya taati.

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ ٱلْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَن يَقُولُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

“Hanyasanya ucapan kaum mu’minin, apabila mereka diseru kepada jalan Allah dan RasulNya untuk memberikan hukum di antara mereka itu ialah mereka itu mengucapkan: “Kita semua mendengarkan dan mentaati.” Mereka itu adalah orang-orang yang berbahagia.” (an-Nur: 51)

Maka jangan pernah ragu ragu dan jangan pernah takut takut apapun perintah Allah SWT dan sunnah Rasul saw kita kerjakan saja. Keragu raguan dan ketakutan hanyalah dari gangguan syaithon. Apabila kita berusaha memudahkan diri untuk senantiasa taat kepada peruintah perintah Allah Azza wa Jalla dan berusaha selalu mengikuti perikehidupan dari Rasulullah saw in syaa Allah akan dimudahkan segala urusan urusan kita baik didunia ini maupun di akhirat kelak.

Dalam setiap amal agama ada tiga hal yang Allah SWT simpan didalamnya meliputi hidayah atau petunjuk Nya, pertolongan Nya serta ampunan dosa dosa. Semua amalan agama jika dikerjakan pasti mendatangkan ketiga hal tersebut di atas sekecil apapun amal agama jika dikerjakan dengan penuh kesungguhan serta sepenuh keyakinan. Maka hendaknya jangan pernah menyepelekan amalan agama sekecil apapun sebab boleh jadi amalan yang nampak sederhana ringan dikerjakan seakan akan amalan yang tidak ada apa apanya ternyata menjadikan sebab hidayah bagi ummat manusia, sebab datangnya pertolongan dari Allah azza wa jalla dan ampunan bagi dosa dosa kita baik disengaja maupun yang tidak disengaja baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Misal amal agama yang kita anggap besar tanpa disadari ternyata salah niat bukan mengharap ridho Allah SWT melainkan ada pengharapan yang lain. Ada terbetik riya ujub bahkan ketakaburan merasa lebih baik lebih benar dari amalan orang lain apalagi merasa paling baik dan paling benar amalan agamanya. Dosa dosa dari amalan yang kita kira amalan yang besar boleh jadi terhapus oleh hanya amalan yang kita anggap amalan kecil

Memang benar ada penyakit penyakit yang mungkin akan timbul menyertai amalan agama seperti salah niat, ujub, riya sombong dan lain sebagainya.  Jangan takut penyakit penyakit hati tersebut obatnya justru dengan kita amalkan agama ini dengan istiqomah bukan malah berhenti beramal. Sebab bagaimana pun perintah perintah Allah SWT wajib dikerjakan dan sunnah sunnah Rasul saw wajib dihidup hidupkan dalam keseharian. Dengan amal agama yang kita kerjakan secara istiqomah akan mendatangkan kecintaan Allah SWT walau amal yang kecil dan ringan.

أَحَبَُ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

 “Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah adalah yang kontinu meski sedikit.” (HR Muslim)

Secara ringkas bahwa hal yang paling mudah dan tidak ada yang melebihi kemudahannya adalah amal agama sebab agama paling penting dan mutlak harus ada dalamkehidupan maka Allah SWT telah memudahkan agama dengan semudah mudahnya untuk dapat
diamalkan siapa saja ummat manusia. Ketika kita yakin itu perintah Allah SWT dan sudah jelas sedemikian rupa contoh dari Rasul saw maka bagi orang beriman prinsipnya adalah sami’na wa atho’na jangan pernah ragu dan takut untuk mengerjakannya. Memudahkan diri untuk taat dan ikut sunnah Rasul saw akan dimudahkan kehidupannya dunia dan akhirat. Jangan pernah ragu karena dalam setiap amal agama tersimpan hidayah, pertolongan serta ampunan dan jangan pernah takut karena munculnya penyakit penyakit ruhani justru solusinya dengan istiqomah amalkan agama dan jangan pernah menyepelekan amal agama sekcil apapun. In syaa Allah semua amal amal agama kita semoga diterima semuanya dengan penuh ridho Nya, aamiin aamiin aamiin ya Rabbal aalamiin.
Niat amal dan sampaikan kepada siapa saja sampai kapanpun juga.In syaa Allah.


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.