Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 18 September 2015

Rahasia Hebatnya Sunnah Bekam



Allah SWT telah melengkapi manusia dengan sistem peredaran darah yang teramat sangat penting fungsinya. Jika karena sesuatu sebab peredaran darah berhenti maka tidak lama seluruh sel sel akan mati dan kehidupan akan berakhir.

Sistem peredaran darah manusia terdiri dari sistem peredaran darah arteri, sistem peredaran darah vena serta yang menjadi penghubungnya yakni sitem peredaran darah kapiler. Sistem peredaran darah arteri berawal dari organ jantung menuju ke seluruh sel sel tubuh sedangkan sistem peredaran darah vena bermula dari sel sel tubuh menuju ke jantung. Darah arteri kaya akan zat zat oksigen serta bahan bahan makanan untuk kehidupan sel sel tubuh dan juga hormon hormon serta zat zat lainnya yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme sel sel. Darah vena sebaliknya,  banyak mengandung zat zat carbon dioksida, sampah sampah dari sisa sisa metabolisme sel yang berbahaya jika tidak segera dikeluarkan dari tubuh . Zat zat berbahaya tersebut ada yang mudah larut didalam air ada pula yang mudah larut didalam lemak tubuh. Untuk zat zat yang mudah larut didalam air dibuang melalui pernafasan, lewat urin lewat keringat, sedangkan yang mudah larut didalam lemak cenderung mengendap dan menumpuk bersama lemak dalam tubuh kita.

Dua hal yang sangat penting dari sistem peredaran darah manusia adalah lancar tidaknya arus darah yang mengalir di dalam pembuluh darah dan kwalitas darah maupun plasmanya. Semakin lancar peredaran darah didalam pembuluh darah dan semakin bersih darah dari berbagai macam zat zat berbahaya baik berupa sampah sampah metabolisme maupun zat zat racun / toxin yang masuk melalui makanan maupun minuman maka semakin sehat seseorang. Sebaliknya  peredaran darah yang kurang lancar apalagi banyak terdapat sumbatan sumbatan dan banyaknya sampah sampah metabolisme maupun racun yang dari hari ke hari semakin menumpuk tentu saja akan mengakibatkan banyak masalah masalah kesehatan. 
Untuk permisalannya adalah sebuah sungai yang mengalir disuatu perkampungan jika airnya jernih dan alirannya sangat lancar pasti akan memberikan lingkungan yang sehat , sedangkan jika air sungai tersebut kotor banyak sampah sampah dan barang barang berbahaya lainnya apalagi alirannya mampet dimana mana maka pasti lingkungannnya akan sangat tidak sehat.  Kurang lancarnya peredaran darah bisa disebabkan dari adanya penyempitan pembuluh darah, adanya sumbatan di pembuluh darah atau bisa juga disebabkan dari kekentalan darah yang lebih tinggi misal pada penderita Diabetes Mellitus. 

Bekam adalah salah satu metode untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit dengan cara melancarkan peredaran darah serta mengurangi / mengeluarkan sampah sampah metabolisme dalam darah ataupun toxin yang ikut larut dalam darah.  Dengan dilakukannya cupping ( memberikan tekanan negatif pada permukaan kulit ) akan berakibat memperlebar saluran pembuluh darah kapiler sehingga peredaran darah semakin lancar. Selanjutnya permukaan kulit tersebut dilukai dengan sayatan ataupun tusukan jarum steril sebatas jaringan kulit saja maka darah darah yang berada didalam pembuluh kapiler yang banyak mengandung zat zat sisa metabolisme dan racun yang kemungkinan ikut terbawa akan dikeluarkan. 



Dari penelitian terbukti bahwa darah bekam setelah diamati sel sel darahnya tidak normal secara terus menerus itu artinya bahwa sel sel darah yang tidak normal dengan dibekam akan dikeluarkan sedang sel sel darah normal tetap beredar di dalam pembukuh darah . Sel sel darah yang tidak normal cenderung menimbulkan endapan dan pada akhirnya mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah yang bisa berakibat timbulnya berbagai macam penyakit seperti stroke, penyakit jantung koroner serta penyakit lainnya. 
Sel sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh kumanpun tidak banyak ikut keluar dengan bekam dengan kata lain bekam tidak mengakibatkan daya tahan tubuh menurun karena berkurangnya sel sel darah putih dalam darah. Dengan bekam juga akan meningkatkan jumlah sel sel thrombocyt yang berguna dalam proses pembekuan darah di tempat luka.

Masih banyak sekali manfaat bekam bagi kesehatan hidup, terlebih lagi jika kita niatnya tidak hanya semata mata ingin sehat melainkan ingin mendapat Ridlo dari Allah SWT karena mencintai sunnah Rasulullaah saw.
Mari kita hidup hidupkan sunnah Rasulullaah saw, karena hidup sehatpun adalah ajaran agama.  Rasulullaah saw tidak pernah sakit seumur hidup Beliau, melainkan hanya dua kali saja, itupun wajar wajar saja karena yang pertama diracun oleh seorang yahudi dan kedua karena saat saat wafatnya Beliau saw. In syaa Allah.


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.