Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 17 September 2015

Kencing Manis



Diabetic Foot

Didalam tubuh kita terdapat sebuah organ yang menghasilkan hormon insulin yakni pankreas. Fungsi hormon insulin adalah untuk merubah gula glukosa didalam darah, menjadi glikogen gula otot,. Pada penderita diabetes mellitus organ pankreas tidak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup sehingga gula didalam darah menumpuk mengakibatkan gejala gejala yang disebut penyakit kencing manis. Sel sel tubuh berperan penting dalam merespon hormon insulin. 
Kurang  responnya sel sel tubuh terhadap hormon insulin pun dapat mengakibatkan gula darah meningkat walaupun pankreas memproduksi hormon insulin yang mencukupi. Pada penderita kencing manis penyebabnya bisa karena pankreas tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau sel sel tubuh yang tidak merespon baik terhadap hormon insulin atau bisa kedua duanya

Dengan demikian penderita kencing manis dibagi menjadi 3 type


1.   Penderita kencing manis type 1 yaitu pankreas tidak menghasilkan hormon insulin.

2.  Penderita kencing manis type 2 disebabkan sel sel tubuh yang tidak merespon terhadap hormon insulin

3.  Penderita kencing manis Gestasional yakni penyakit diabetes yang disebabkan tubuh tidak bisa merespon hormon insulin karena adanya hormon penghambat respon yang dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan.


Ketiga type penyakit kencing manis karena penyebabnya berbeda beda maka cara penanganannya pun berbeda juga . Untuk type 1 karena pankreas tidak memproduksi hormon insulin maka penanganannya harus dengan pemberian hormon insulin melalui suntikan di jaringan bawah kulit, sedangkan untuk type 2 dengan obat obatan yang berefek meningkatkan respon sel sel tubuh terhadap hormon insulin. Untuk type gestasional biasanya akan kembali normal setelah kehamilan.


Penyakit kencing manis adalah penyakit kronis yang apabila tidak diberi perhatian dan penanganan yang baik akan menimbulkan komplikasi yang tidak jarang sangat serius hingga berdampak kegagalan fungsi fungsi organ tubuh yang lain semisal ginjal, jantung, mata , organ reproduksi, sistem syaraf dan lain sebagainya.

Dengan penanganan sedini mungkin dan pengelolaan yang sebaik baiknya in syaa Allah penderita dapat menikmati kehidupan di masa tua dengan baik. 


Penatalaksanaan penderita kencing manis juga dapat dilakukan dengan terapi bekam karena berfungsi melancarkan peredaran darah , atau canduk pada vena di kaki terutama pada penderita diabetik foot atau kaki diabetik yang merupakan salah satu komplikasi dari penyakit kencing manis di kaki. Pengobatan herbal dengan habbatussauda maupun minyak zaitun pun sangat menunjang kesembuhan disebabkan mempunyai efek menurunkan kadar gula darah maupun memperbaiki metabolisme sel.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.