Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Saturday 19 September 2015

10 Resep agar tidak gampang putus asa



1. Berhentilah menyalahkan siapapun termasuk diri sendiri. Mencari cari kesalahan hanya membuang buang waktu saja. Hakikatnya tidak ada yang salah dalam hidup ini semuanya sudah diatur Allah SWT dan tidak ada yang salah dalam aturan Nya.

2. Fokus atau bahasa agamanya adalah tawajuh hanya kepada Allah SWT. Tidak ada yang mustahil , tidak ada yang sulit bagi Allah SWT maka barangsiapa yang diKehendaki Nya pasti akan dimudahkan segala galanya. Semua hanyalah proses dan hanya masalah waktu saja.

3. Belajar dan selalu belajar dari siapapun dari manapun dan sampai kapanpun. Orang yang mudah putus asa biasanya karena wawasannya sangat sempit sekali. Rasulullaah saw telah mewajibkan ummatnya untuk selalu belajar agar tidak sempit wawasannya agar diberi kefahaman oleh Allah SWT.

4. Yakinlah tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada manusia yang tidak pernah bersalah, tidak pernah berdosa, maka jangan takut salah dan jangan putus asa dari Rahmat Allah SWT. Takut salah tidak akan pernah mengerti yang benar, putus asa dari Rahmat Allah SWT hanya akan jadi mangsa syetan dan iblis laknatullah alaih.

5. Jangan pernah merasa diri sendiri sudah cukup, sudah baik sudah benar, karena merupakan bagian dari keputus asaan adalah ketika diri sendiri meyakini sudah cukup, paling baik dan paling benar. Para Shahabat ra ajmain saat imannya telah sempurna saat amalnya mencapai puncaknya maka yang ada perasaan takut akan hisab dari Allah SWT namun tetap selalu berharap ampunan dari Nya.

6. Manusia tetaplah manusia tempatnya salah, dosa dan lupa. Akui semuanya ini, jangan gampang marah. Saling memaafkan sesama hamba Allah SWT saling mendoakan untuk ampunan Nya. Sebab hamba hamba Allah SWT yang suka memaafkan, dan memohonkan ampunan baginya , Allah SWT pun akan mengampuninya dan in syaa Allah merupakan ahli ahli syurga.

7. Hidup didunia adalah hanya ujian dan cobaan, jangan mengeluh saat mendapat musibah sebab itu adalah ujian dan cobaan yang akan menaikkan derajad seorang hamba. Selalulah tersenyum karena semua masalah akan kembali lagi kepada Allah SWT manakala seorang hamba tersenyum pertanda ridlo dengan segala ketetapan dari Nya.

8. Banyak banyak berdzikir , jangan hanya berfikir dan berfikir saja. Solusi terbaik bukan dari hasil fikir manusia melainkan dari Keputusan Allah SWT.

9. Mulai dari yang mudah, yang kita mampu, dan mulai dari sekarang juga. Dengan dimulai dari yang mudah yang sekiranya kita masih mampu serta dikerjakan saat ini juga akan membangun rasa percaya diri yang selanjutnya akan memberikan semangat untuk selalu maju.

10. Jangan berfikir yang sulit sulit , berfikirlah sesederhana mungkin. Allah SWT menciptakan kehidupan dan aturan bukan maksud Nya untuk mempersulit kehidupan manusia melainkan untuk membahagiakan manusia untuk menyelamatkan kehidupan manusia. Namun juga jangan “nggampangke” atau menyepelekan agama. Agama tetap merupakan hal terpenting dalam kehidupan ummat manusia. Tanpa agama manusia pasti akan sengsara dunia dan akhirat.

In syaa Allah niat amalkan dan sampaikan. Jazakumullaah


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.