Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Sunday 25 February 2018

Dahsyatnya Niat !!!



Dari ‘Umar bin Al Khottob, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ ، وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا ، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
 
 “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, mkaa hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907).
 
Niat meskipun hanya didalam hati akan tetapi ternyata sangat penting sekali. Apa yang diniatkan seseorang dalam beramal, sejauh mana dia punya niat dan lain sebagainya akan menentukan besarnya pahala di sisi Allah SWT. Seseorang yang sama sama berhijrah dengan mengorbankan waktu, mengeluarkan harta bahkan terkadang jiwa raga sebagai taruhannya nampak sama secara dzahir akan tetapi sangat berbeda di sisi Allah SWT manakala dilihat dari apa yang diniatkan dalam hati.

Selain niat hanya mengharap Ridlo Allah SWT saja maka ada hal yang sangat penting yaitu niat seseorang untuk taat kepada Allah SWT. Orang yang tidak beriman kepada Allah SWT tidak taat kepada perintah perintah Allah SWT walaupun hanya seumur hidupnya akan tetapi di adzab di akhirat nanti kekal abadi selama lamanya. Sebaliknya orang yang beriman dan taat kepada Allah SWT walau hanya seumur hidup rata rata hanya 60 sampai 70 tahun saja tetapi akan mendapatkan kebahagiaan hidup selama lamanya. Mengapa ? Sebab orang yang tidak beriman dan tidak taat kepada Allah dia niatnya selama lamanya. Seandainya diberi umur yang panjang sekalipun dia akan tetap mengingkari kebenaran dan tetap tidak mau taat kepada Allah SWT sehingga adzabnya pun kekal sebagaimana niatnya. 
Orang yang beriman dan taat kepada Allah SWT demikian pula dia punya niat untuk tetap taat dan tetap beriman sampai kapanpun selama lamanya maka pahala yang diperolehnya juga kekal abadi selama lamanya.

Kemudian adalagi hal yang sangat penting yakni ketika kita belajar menyampaikan ajakan amar ma’ruf dan nahyi munkar jangan dibatasi untuk suatu tempat yang tertentu. Walaupun sebagai manusia biasa kita pasti ada keterbatasan dan kekurangan jangan menyerah begitu saja. Jika niat menyampaikan untuk seluruh ummat manusia maka in syaa Allah akan disampaikan Allah SWT kepada seluruh ummat manusia. Kita tidak tahu berapa ummat manusia seluruhnya dan kita tidak tahu dimana tempat ummat manusia maka niatkan saja kepada seluruh ummat manusia siapapun dimanapun.

Yang ketiga jangan menunggu sampai kita pandai dahulu atau mampu terlebih dahulu baru menyampaikan ajakan kebaikan. Rasulullah saw telah bersabda “Ballighu anni walau ayah” Sampaikan dariku walau satu ayat. , sehingga dengan kemampuan yang ada sampaikan saja maka in syaa Allah nanti akan ditambah oleh Allah SWT ilmu dan kemampuan lagi. Niat untuk menyempurnakan dakwah itu juga sangat penting. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini tetapi manakala kita niat untuk menyampaikan dakwah secara sempurna maka in syaa Allah akan di bimbing Allah SWT dan disempurnakan oleh Nya.

Itulah dahsyatnya Niat orang yang Beriman, selain niat mencari Ridlo Allah SWT semata mata maka jangan lupa niatkan pula, niat untuk taat selama lamanya, niat untuk ajak taat kepada seluruh ummat manusia niat untuk sampaikan dakwah agama dengan sempurna, in syaa Allah.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.