Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 18 July 2014

Hidup Sederhana

Hidup sederhana tidak identik dengan kemiskinan, kikir, menyengsarakan diri
Kesederhanaan merupakan pola pikir dan pola hidup yang proporsional, tidak berlebihan dan mampu memprioritaskan sesuatu yang lebih dibutuhkan. 
Ada orang yang hidupnya miskin tetapi pola hidupnya tidak sederhana, ada pula orang kaya namun pola hidupnya sederhana

Kesederhanaan ialah kemampuan untuk ikhlas menerima yang ada, berusaha untuk berlaku adil dan bersyukur atas setiap rezeki yang diberikan dengan tetap menggunakannya pada hal-hal yang bermanfaat dan berarti. Kemampuan itulah yang memberikan manfaat dan menjadi energi dalam kehidupan kita.

Sederhana berarti seimbang, adil, proporsional dan menyadari bahwa hidup harus mau memberi dan mampu berbagi walau bukan dengan materi.
Hidup sederhana diawali dengan cara berfikir sederhana.

1. Hidup didunia bersifat sementara dan sangat singkat sekali maka berfikirlah positif dalam segala hal. Syukuri segala apa yang telah Allah SWT tetapkan pada diri kita niscaya akan Allah SWT tambah dan tambah lagi kenikmatan itu dan akan disempurnakan kelak di akhirat nanti.

2. Hidup di dunia untuk menyempurnakan Iman dan amal. Sesiapa yang sempurna Iman dan amalnya tatkala di dunia akan Allah SWT sempurnakan nafsunya kelak di syurga. Jangan berfikir hidup di dunia untuk bersenang senang , sebab hidup di dunia adalah perjuangan dan perjuangan pasti membutuhkan pengorbanan.

3. Dalam segala hal amal perbuatan maka usahakan hanya untuk mendapat Ridlo Allah SWT sebab manakala Ridlo Allah SWT didapat , segala galanya akan didapat. Sebaliknya ketika ridlo manusia yang dipentingkan maka Murka Allah SWT yang akan diperoleh dan manusia tidak akan pernah ridlo kepada kita.

Dengan mensyukuri segala apa yang Allah SWT telah tetapkan pada diri kita maka tidak ada lagi masalah bagi kita yang bagi orang lain mungkin jadi alasan dan dianggap merupakan kendala untuk meraih hidup sukses. Dengan selalu bersyukur maka akan menjadi energi positif sebaliknya apabila tidak bersyukur justru akan menjadi energi negatif yang bisa menghancurkan.

Dengan memahami bahwa hidup ini adalah perjuangan sehingga tidak lagi berputus asa ketika harus mengorbankan segala galanya. Beda jika memahami bahwa hidup di dunia ini untuk bersenang senang maka pasti akan kecewa dan putus asa sebab tidak akan pernah mendapatkan kepuasan nafsu di dunia ini.

Betapa sangat repotnya ketika harus membuat semua manusia ridlo pada kita, karena tidak akan mungkin pernah terjadi. Tetapi saat Allah SWT telah Ridlo kepada hamba Nya maka segala galanya akan diperoleh termasuk juga pada saatnya nanti manusia akan dijadikan ridlo kepada hamba Allah SWT tersebut yang ta’at.
In Syaa Allah dengan berfikir sederhana sebagaimana tersebut di atas mudah mudahan hidup akan jadi sederhana walaupun arti sederhana tidak selalu harus hidup bermiskin miskin . Wallahu a’lam

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.