Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 17 July 2014

Harakah Islamiyah atau ‘Ashobiyah

Dalam memahami dan mengamalkan agama hendaknya dikerjakan secara kaaffah atau menyeluruh, jangan hanya sebagian sebagian yang bisa mengakibatkan kesalah fahaman serta fitnah dalam kehidupan beragama.

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara kâffah {keseluruhannya) , dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu." (QS al-Baqarah [2]: 208-209).

Untuk dapat lebih mudah didalam memahami dan mengamalkan agama Islam secara kaaffah maka penting sekali berjama’ah. Dengan berjamaah maka pertolongan Allah SWT akan sepenuhnya datang. Hanya dengan pertolongan Allah SWT sajalah maka kita akan mendapatkan kemudahan kemudahan dalam menyelesaikan semua permasalahan kehidupan. Dengan berjamaah kita akan senantiasa berada didalam suatu suasana agama dan dakwah dan hanya dengan suasana agama dan dakwah sajalah kita senantiasa terjaga Iman dan amal nya. Pentingnya berjamaah karena syethan akan berusaha memangsa hamba hamba Allah SWT yang hanya menyendiri saja.

“Hendaklah kalian berjamaah dan jangan bercerai berai, karena syetan bersama yang sendiri dan dengan dua orang lebih jauh. Barangsiapa ingin masuk ke dalam surga maka hendaklah komitmen kepada jama’ah” (HR At-Tirmidzi)

Memahami dan mengamalkan agama secara berjama’ah bukanlah suatu ‘ashobiyah dan jangan mengarah pada ‘ashobiyah. Perbedaan antara Harakah harakah Islamiyah dengan ‘ashobiyah adalah, harakah Islamiyah mendasarkan pada hukum hukum agama dan kebenaran serta berorientasi pada persatuan dan kesatuan seluruh ummat Islam sedangkan ‘ashobiyah hanya membela kelompoknya saja dengan tidak memperdulikan benar atau salah dan cenderung mencari kesalahan kesalahan kelompok lainnya. Harakah Islamiyah merupakan kewajiban karena pada akhirnya merupakan sarana untuk mempersatukan seluruh ummat Islam di dunia dalam ketaqwaan dan untuk kembali kepada kehidupan sunnah Rasulullaah saw yang mendapat Ridlo Allah SWT. ‘Ashobiyah atau yang mengarah pada ‘ashobiyah adalah haram karena pertimbangannya bukan lagi mengikuti hukum hukum agama melainkan kemenangan kelompoknya belaka , fanatik buta tidak perduli benar atau salah suka menghujat harakah Islamiyah lainnya yang berakibat perpecahan ummat Islam

Allah SWT berfirman:
"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk." (QS. Ali Imran 103)

Semoga Allah SWT lindungi kita semua dari ‘ashobiyah dan satukan ummat Islam dalam mengamalkan agama secara kaaffah, aamiin

1 comment:

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.