Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Wednesday 1 August 2012

Nikmat Agama





Maha Suci Allah Rabb Yang Maha Agung , Pencipta alam semesta. Kekuasaan Nya meliputi segala sesuatu . Hanya Allah SWT lah Yang Maha Berdiri Sendiri tidak membutuhkan siapa pun. Allah SWT Maha Esa Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada semua hamba hamba Nya. 

Maka ni’mat Allah SWT manakah yang kamu ingkari. Dan ni’mat terbesar untuk manusia adalah ni’mat agama. Tanpa agama hidup manusia akan sengsara walaupun seluruh keni’matan lainnya terpenuhi. Sebaliknya walau hanya ada agama saja dalam hidupnya masih bisa merasakan kebahagiaan hidup, seperti shahabat Bilal bin Rabah yang tidak memiliki apapun didunia ini pada saat itu, karena dirinya hanyalah seorang budak hitam, namun jiwanya merdeka penuh kemenangan.

Apakah agama itu dan apa agama yang sempurna itu ? Agama yang sempurna hanyalah Islam dan kesempurnaan agama manakala kita memasukinya secara kaaffah. 

208. Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. ( QS Al Baqarah ayat 208 )

Agama adalah keseluruhan perintah perintah Allah SWT yang dikerjakan mengikuti sunnah sunnah Rasulullaah saw. Dengan demikian agama yang sempurna menghendaki kepada pemeluk pemeluknya yakni orang orang yang beriman untuk senantiasa memahami hakikat agama.
Pertama agama adalah suatu KeImanan karena bersumber kepada Allah SWT dan melalui Rasulullaah saw sehingga mutlaq bagi ummat Islam meyakini kebenaran Islam dengan sepenuhnya. Tanpa ada Iman maka apapun kebaikan yang dibuat manusia akan sirna tanpa ada bekasnya sebagaimana debu di atas batu yang licin dan tertimpa hujan yang amat deras. Sirna . 
Selanjutnya agama adalah keIlmuan yang menuntut kepada pemeluknya untuk senantiasa mempelajari ilmu ilmu agama. Wajib hukumnya untuk menuntut ilmu bagi mukmin laki laki maupun perempuan, wajib hukumnya menuntut ilmu dari ayunan hingga liang lahat bahkan jika ilmu agama itu berada nun jauh disana di negara cina sekalipun. Pentingnya hari hari mempelajari ilmu agama karena amal agama yang tanpa dilandasi ilmu akan tertolak . Akan tetapi harus diingat ilmu yang tanpa dibarengi dengan dzikrullooh bisa bisa menimbulkan dampak kesombongan. Saling membanggakan atas ilmunya masing masing, saling memandang keburukan masing masing, mencari cari kesalahan saudaranya dan merasa diri paling benar. Maka Ilmu harus dibarengi dengan dzikir.
Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan yaitu bahwa agama adalah perintah maka pasti namanya perintah harus dikerjakan dan cara mengerjakannyapun harus sesuai dengan Kehendak Yang Memerintah dan harus sesuai dengan contoh yang diberikan dalam hal ini adalah sunnah Rasulullaah saw. Diluar itu bukan agama namanya. Walaupun dhahirnya menjalankan perintah sholat namun jika tidak sesuai dengan Kehendak Allah SWT dan tidak cocok dengan sunnah Rasul saw didalam menjalankannya maka bukanlah ibadah yang sempurna. Misal menunda nunda sholat, mengerjakannya tidak dengan berjamaah, niatnya bukan karena Allah SWT maka sholat yang seperti ini bagaimana mungkin akan diterima Allah SWT dengan ridha Nya ?
Intinya untuk mengusahakan agama yang sempurna setidaknya ada tiga usaha yang hendaknya dibuat. Pertama dilandasi dengan Yakin yang benar kemudian dengan Ilmu yang dibarengi dzikir serta tidak henti hentinya mendakwahkan agama dengan menjadi contoh yaitu mengamalkan agama sesuai Kehendak Allah SWT dan mengikut sunnah rasul saw. Agama tidak sekedar pembicaraan saja, tidak sebatas mudzakaroh saja, bukan sesuatu yang menjadikan kita saling menyombongkan diri diantara yang lainnya dengan ilmu agama. Agama memerlukan pengorbanan kita sebagaimana para shahabat terdahulu mereka terus berkorban untuk agama sehingga kefahaman mereka terhadap hakikat agama selalu terjaga. 

Masalahnya pada saat ini usaha untuk keIlmuan agama sangat sangat maju sekali. Banyak madrasah didirikan banyak pondok pesantren dibangun, majelis majelis ta’lim ada dimana mana baik yang tahunan, bulanan, mingguan bahkan yang harianpun banyak juga. Ada fenomena menarik dalam hal ini yakni antara Ilmu dan pengamalan agama masih jauh sekali kesenjangannya. Begitu banyak orang yang tahu bahwa sholat fardlu dengan berjamaah itu 27 kali lipat pahalanya, tetapi banyak sekali masjid masjid yang kosong melompong ditinggal ummatnya. Maka selain usaha Ilmu penting sekali usaha Iman yang akan menjamin ilmu ilmu agama yang kita telah pelajari akan mampu diamalkan dan semakin banyak saudara saudara kita bisa diajak untuk mengamalkan agama dengan sempurna. Dalam salah satu mafhum hadist Rasulullaah saw bersabda bahwa kalau kita ingin Ilmu agama maka dekat dekatlah dengan Rasulullaah saw ( Ulama adalah pewaris nabi ) tetapi jika kita ingin Iman maka jauh jauhlah dari Rasulullah saw, maknanya kita menyebar keseluruh dunia menjumpai ummat manusia untuk menyampaikan dan mengajak ummat manusia berIman dan bertqwa kepada Allah SWT.

110. kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah (QSAliImranayat 110 )

Saya niat untuk belajar Iman belajar dakwah sebagaimana para shahabat dahulu telah berdakwah mengunjungi seluruh ummat manusia di muka bumi ini menyampaikan agama , bagaimana dengan saudara saudaraku ? Insya Allah.


Mari amalkan dan sampaikan kepada siapapun dimanapun dan sampai kapanpun. Insya Allah !!!

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.