Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 17 August 2012

Agar kamu bertaqwa

Puasa hampir usai, tinggal beberapa hari lagi kita berlebaran. Ada terselip sebuah tanya, adakah puasa tahun ini ada hasilnya ? Kalau kita simak ayat suci Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 183
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Bahwa dengan berpuasa menjadikan seseorang bertaqwa.


Apakah Taqwa itu ?! Setidaknya Taqwa mengandung arti keta’atan seseorang hamba Allah SWT yang tidak dibatasi waktu, tidak dibatasi tempat suasana maupun keadaan. Kalau seseorang benar benar taqwa maka dirinya akan senantiasa ta’at baik pada waktu selama bulan suci Rhamadlan maupun diluar bulan suci Rhamadlan. Baik ketika sedang berada didalam masjid ataupun ketika sedang berada diluar masjid seperti saat bertugas dikantor, sedang sibuk dipasar, toko dan lain sebagainya. Tidak terpengaruh dengan suasana maupun keadaan maksudnya adalah senantiasa ta’at kepada Allah SWT baik waktu senang ataupun waktu susah baik saat bersendirian maupun ketika suasana kebersamaan, dalam keadaan sehat atau dalam keadaan sakit.

Biasanya pada saat hari Raya Iedul Fitri orang orang dalam keadaan bergembira bersenang senang menyambut kemenangan melawan hawa nafsu dan syaithon. Namun harus sangat berhati hati karena syaithon sudah dilepas kembali, nafsupun sedang dalam keadaan terancam dengan berbagai kesenangan yang menghanyutkan. Kalau seseorang benar benar bertaqwa sebagai buah perjuangannya dibulan suci Rhamadlan , insya Allah tidak akan tergelincir pada saat hari Raya. Malam hari Raya Iedul Fitri akan diisi dengan banyak banyak bertakbir dan bertahmid, tidak lupa zakat fitrah maupun zakat malnya dikeluarkan. Banyak beristighfar kepada Allah SWT memohon ampunan atas segala khilaf dan dosa.

Telah sekian tahun kita menjalani ibadah puasa di bulan Rhamadlan. Jangan sampai kita tergolong manusia manusia yang disebutkan dalam sebuah hadist

“Berapa banyak orang yang berpuasa , tidak mendapat apa-apa daripada puasanya melainkan lapar dan dahaga”

Semoga di bulan Syawal tahun ini Allah SWT sempurnakan ibadah puasa kita dan anugerahkan keTaqwaan pada diri kita sebagai modal dalam menjalani kehidupan yang akan datang yang tentunya semakin banyak tantangannya. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.
 
Mari amalkan dan saling ingat mengingatkan serta saling ajak mengajak demi kebaikan dan keta’atan niatkan sampai hari kiamat kelak. Insya Allah !!!

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.