Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Wednesday 6 December 2017

Otakpun bersujud



Bentuk otak jika diamati dengan seksama sangat mirip sekali dengan orang sedang sujud. Ada rahasia apa dibalik itu ?

Otak adalah susunan syaraf pusat yang dilindungi oleh tulang tengkorak yang merupakan organ pengatur semua aktifitas tubuh. Gangguan pada otak akan mengakibatkan gangguan sistem pada tubuh tergantung dimana letak kerusakannya. Tidak sebagaimana organ tubuh lainnya yang dapat regenerasi dengan baik saat mengalami kerusakan maka otak akan mengalami masa perkembangan selama 6 tahun yang disebut golden period. Setelah masa tersebut otak tidak lagi mengalami perkembangan yang sehebat masa tersebut.

Seperti organ tubuh lainnya otakpun membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga fungsi fungsi nya sebagai pusat pengatur segala aktifitas tubuh manusia. Yang mengedarkan nutrisi hingga sampai ke sel sel otak adalah sel sel darah merah melalui aliran darah. Posisi otak yang sedemikian tentu saja tidak sebagaimana organ organ lain yang lebih rendah posisinya untuk mendapatkan aliran darah dengan mudah. 
Organ organ tubuh yang lebih dekat dengan jantung atau posisi yang semakin rendah jauh lebih mudah mendapatkan aliran darah. Maka pada penderita yang pingsan posisi kepala dibuat sama tinggi dengan badan agar aliran darah dijamin lancar ke otak untuk memulihkan oksigenasi sel sel otak dengan cara ditidurkan tanpa menggunakan bantal. Atau pada penderita yang mengalami shock penurunan tekanan darah yang drastis untuk pertolongan pertama dilakukan manipulasi kedua tungkai ditegakkan lurus ke atas sementara posisi kepala mendatar sama tinggi dengan badan.

Pada posisi sujud yang sempurna letak kepala lebih rendah dari badan sehingga aliran darah lancar ke otak. Terjaminnya aliran darah ke otak dengan lancar menyebabkan oksigenasi otak dan distribusi nutrisi pun akan tetap baik. Maka hamba hamba Allah SWT yang senantiasa bersujud minimal lima waktu sholat sehari semalam akan menjamin kesehatan otaknya. Terlebih lebih lagi dengan tambahan sholat sholat sunnah lainnya maka otak akan fresh. 

Penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan memperbanyak sujud dan lama dalam bersujud antara lain penyakit stroke, alzheimer, nyeri kepala serta penyakit penyakit lain yang disebabkan karena kurang lancarnya aliran darah ke otak. Itulah rahasia yang hendak ditunjukkan Allah SWT kepada hamba Nya dengan bentuk otak yang sangat mirip orang sedang bersujud. Karena otak manusia tidak bertambah jumlahnya setelah lahir hanya mengalami perkembangan dan jika terjadi kerusakan tidak mampu meregenerasi seperti regenerasinya organ oragn tubuh yang lain. Maka dengan memperbanyak sujud berupa sholat akan sangat bermanfaat bagi kesehatan otak yang dengan sendirinya akan sangat menunjang kesehatan pada umumnya.


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.