Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 8 December 2017

Berdoalah dengan adab niscaya akan dikabulkan.



Sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui akan kebutuhan hamba hamba Nya. Tanpa kita memohonpun Allah SWT pasti akan memberi karena Allah SWT Maha Pemurah. Lihatlah bagaimana orang orang yang tidak beriman dan ahli maksiat, tanpa memohon kepada Allah SWT didunia semua keperluannya dicukupi Nya. Kalau belum sampai ajalnya maka dalam keadaan bagaimanapun pasti akan diselamatkan dari bencana yang menimpa di dunia. 

Allah SWT memerintahkan kepada hamba hamba Nya untuk berdoa karena Allah SWT sangat senang melihat hamba hamba Nya senantiasa berdoa. Semakin sering seorang hamba berdoa semakin banyak permintaan seorang hamba bahkan doa yang teramat sepele sekalipun membuat Allah SWT semakin senang. Dikabarkan dahulu para Shahabat ra ajmain ketika sandalnya hilang atau rusak maka merajuk memohon kepada Allah SWT saking dekatnya mereka dan saking inginnya mendapat perhatian dari Allah SWT. Berbeda kalau kita meminta kepada makhluk. Mungkin saat pertama kali minta diberinya namun ketika meminta dan meminta lagi pasti yang diminta tidak akan senang hati bahkan akan marah marah karena selalu dimintai terus menerus. Bagaimana agar doa kita dikabulkan Allah SWT.? Pertama kali harus ada keyakinan yang sangat kuat bahwa pasti doanya akan dikabulka Allah SWT . Seorang hamba wajib punya prasangka baik karena Allah SWT akan mengikuti persangkaan hamba Nya.

 ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi no. 3479, hasan) 

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى

“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih).

Kedua seorang hamba jangan pernah berputus asa dalam berdoa sebab doa sendiri adalah ibadah. Mungkin doanya akan segera dikabulkan atau bisa jadi beberapa saat mendatang menunggu waktu yang sesuai. Adakalanya doa dikabulkan berupa diselamatkan dari suatu musibah yang nilainya jauh lebih dahsyat daripada sandainya dikabulkan doa tersebut karena hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui mana yang terbaik bagi hamba. Kalaupun seakan doanya tidak dikabulkan didunia maka kelak di akhirat hamba hamba yang senantiasa berdoa akan tercengang dan menyesal seandainya doa doanya semuanya dikabulkan di akhirat saja. Yang pasti semua doa doa seorang hamba Allah SWT telah berjanji akan memenuhinya. Sangat rugilah kalau kita tidak mau berdoa tidak bersungguh sungguh dalam berdoa. 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60) 

Berdoa jangan tergesa gesa , ucapkan doa dengan penuh adab seperti kalau kita lagi butuh uang lalu kita dengan memelas memohon teman kita agar mau meminjami uang. Dan tunjukkan bahwa kita memang sangat berhajat dengan terkabulnya doa tersebut, jangan kita berdoa “ya Allah kalau Engkau berkenan ya kabulkan doa saya tetapi jika tidak ya ndak apa apa terserah Engkau sajalah” Kita tetap berusaha dengan sungguh sungguh dan berharap serta prasangka baik pasti akan dikabulkan. Namun ternyata Allah SWT BerKehandak lain maka barulah kita pasrah setelah berusaha maksimal. 
Mari berdoa dan berdoa jangan pernah berputus asa. Yakinlah setiap doa kita pasti akan dikabulkan Allah SWT karena itulah Janji Allah SWT kepada setiap hamba hamba Nya yang bertaqwa kepada Nya.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.