Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Sunday 29 July 2012

Ya Allah aku mohon ridha Mu




Alhamdulillaah segala puji bagi Allah Rabb semesta ‘alam yang menganugerahkan kita semua kenikmatan yang tiada ada batasnya. Bila kita bangun dari tidur sebelum sadar sepenuhnya udara segar telah kita hirup terlebih bila segera menuju tempat wudlu maka kesegaran air yang sungguh menyejukkan hati merata membasahi seluruh anggota wudlu. Kemudian sajadah dibentangkan dan dengan hidayah Allah SWT jiwa kita telah berpasrah dengan keridhaan Nya. Semakin tenggelam kita dalam pelukan Nya maka semakin terasa bahagia yang sesungguhnya apalagi jika dengan Rachmat Nya butir butiran air mata dicampakkan di atas sajadah yang lembut ini sungguh inilah anugerah yang tiada terhingga. Tidak mudah memang mengulang ulang pengalaman seindah itu sesuai keinginan , karena segala sesuatu bukan mengikut keinginan kita tetapi mengikut Kehendak Allah SWT semata mata.
Terbayang semua dosa dosa dan kekhilafan yang telah dibuat dan rasa takut dan ngeri yang menyelimuti  qolbu ini jika nanti dihadapkan Allah SWT kemudian ditanya mengenai segala kenikmatan kenikmatan yang telah diberikan lalu apa yang telah diamalkan sebagai rasa syukur atas semua kenikmatan ini. Bukankah saat itu nanti mulut akan dikunci tidak bisa berkilah ataupun berdalih membela diri melainkan semua anggota badan akan bersaksi terhadap semua amal perbuatan kita. 

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. ( QS Yaasiin ayat 65 )

Apa jadinya jika tangan ini nanti akan menyampaikan kepada Allah SWT akan segala perbuatan yang pernah dikerjakan, bagaimana pula jika kedua kaki ini nanti bersaksi dihadapan Dzat Yang Maha Agung mengenai langkah langkah yang pernah dituju ataupun perilaku lainnya. Belum lagi mata yang suka sekali melihat hal hal yang menyenangkan mata tetapi penuh kemaksiatan , telinga yang tidak bisa menghindarkan diri dari mendengar kata kata yang buruk buruk , ghibah dan bahkan fitnah. Pada akhirnya hati yang menyimpan segala misteri kehidupan yang memang tidak ada yang mengetahuinya bahkan malaikat sekalipun kecuali hanya Allah SWT saja yang Maha Mengetahui segala sesuatu didalam kehidupan ini. Terlalu banyak kata kata hati yang sungguh melampaui batas , niat niat yang tidak murni mengharap ridla Allah SWT, atau niat niat buruk lainnya. Semuanya akan bersaksi dan semuanya akan dimintai pertanggung jawabannya dihadapan Pengadilan Agung di alam Mahsyar.

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. ( QS Al Isra ayat 36 )

Tidak keluarga tidak harta juga tidak pangkat maupun jabatan yang akan bisa menolong kita. Hanya dan hanya Allah SWT saja yang akan menolong kita. Bahkan amalan pun juga karena Rachmat Allah SWT. Sebaik apapun amalan kita tentu ada ada saja kekurangannya, dan dengan Kasih Sayang Nya maka kekurangan kekurangan itu telah ditutup dan bahkan disempurnakan. 
Ya Allah betapa hamba ini tidak ada rasa malu dihadapan Mu jika merasa cukup dengan amalan amalan selama didunia ini. Terkadang kita merasa bangga dengan amalan kita atau pengalaman kita padahal itu semua adalah atas hidayah dan taufiq Allah SWT. Kita lupa bahwa saat kita sholat saat itu Allah sedang memberi kekuatan kita berdiri, kemampuan mengucap kata kata, menundukkan pandangan kita membuat hati kita khusyuk dan kita sering sekali tidak mau khusyuk juga. Setelah itu Allah menggerakkan bibir kita untuk berdo’a serta mengilhamkan kita apa apa yang mesti diminta. Tidak lama setelah itu Allah SWT mengutus para malaikat Nya untuk memenuhi hajat hajat kita. Tetapi kemudian kita mengatakan pada diri sendiri bahwa terkabulnya do’a ini karena hebatnya ibadah kita karena kesungguh sungguhannya kita dalam meminta dan sebagainya dan sebagainya. Ya Allah aku malu aku khilaf , ampuni hamba ini ya Yang Maha Pengampun.
Ya Allah tidak pantas aku minta ini dan minta itu, mengharap ini dan mengharap itu , sudah semuanya Engkau penuhi semua hajad hajadku, sudah semuanya Engkau atur segala galanya dengan sempurna. Namun kepada siapa lagi aku akan meminta dan mengharap kalau bukan kepada Engkau Ya Allah. Baiklah ya Allah aku hanya meminta ridha Mu saja aku hanya mengharap ridha Mu saja dalam setiap amal ibadahku ini, kalaupun aku masih saja meminta ini dan itu mengharap ini dan itu kepada Engkau , ampunilah aku ya Allah. Bukan aku tidak bersyukur terhadap semua pemberian yang telah Engkau anugerahkan melainkan aku ingin semakin dekat dengan Mu karena aku juga mintanya hanya kepada Engkau ya Allah dan hanya Engkau saja yang Maha Kaya dan hanya Engkau Yang Maha Pemurah. Aamiin ya Allah aamiin ya Allah.

Maafkan tulisanku yang acak acakan ini, loncat sana loncat sini. Kadang bicara sama saudaraku kadang memohon kepada Allah SWT tapi sekali lagi maafkanlah saya yang hina ini . Bukankah orang yang pemaaf juga nantinya akan diampuni dosa dosanya dan akan menjadi salah satu calon ahli syurga, iya khan ?!  Mari saling memaafkan ya, tidak usah menunggu lebaran nanti , keburu dosanya tambah banyak. Kalaupun ada dosa lagi diantara kita yaaach kita maaf maafan lagi, oke .
Wassalaamu alaikum wr wb


Mari amalkan dan sampaikan kepada siapa saja dimana saja dan sampai kapanpun
Insya Allah !!!


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.