Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Saturday 19 February 2011

Dakwah dan Do’a

Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Sempurna Yang telah menurunkan Islam dengan Ridha-Nya dan sampai akhir zaman senantiasa ada dalam Lindunganan-Nya dan dalam Jaminan-Nya. Rasulullaah saw sebagai suri tauladan yang sempurna telah berkorban segala galanya untuk menyampaikan agama kepada seluruh ummat manusia sampai hari kiamat tiba.
Setiap agama menghendaki untuk disyiarkan. Maka demikian pula agama Islam ini walau sudah sempurna tetap saja harus disyiarkan kalau menginginkan agama Islam ini tetap dikenal oleh ummat manusia dan diyakini sebagai satu satunya agama yang diridhai Allah SWT. Agama agama lainpun akan terus disyiarkan oleh penganut penganutnya yang meyakini bahwa agama mereka baik. Hanya saja bedanya cara dalam mensyiarkan agama agama lain itu dengan cara cara dukungan 4 M ( Mulk, Makar, Mar’ah dan Maal ), sedangkan dalam agama Islam karena agama yang haq maka hanya dengan cara 2 D ( Dakwah dan Do’a ).

Agama agama lain atau kepercayaan kepercayaan lainnya adalah seperti mayat mayat yang bisa bergerak jika hanya ditopang setidak tidaknya empat orang sedangkan agama Islam satu satunya agama yang haq sebagaimana orang hidup maka cukup dengan dua kakinya saja dapat berjalan kemana mana sekehendaknya. Empat faktor yang harus ada untuk memungkinkan agama agama lainnya atau kepercayaan lainnya bisa bertahan dimuka bumi ini adalah:

1.     Mulk. ( Kerajaan / kekuasaan )
Mereka harus mendapat dukungan dari penguasa atau dengan cara melalui kekuasaan saja agama / kepercayaan ini bisa berkembang. Tanpa adanya kekuasaan atau dukungan dari penguasa maka mereka tidak bisa bertahan di muka bumi ini. Biasanya justru para penguasa ini memanfaatkan keberadaan mereka untuk kepentingan kepentingan duniawi nya.

2.     Makar ( Tipu daya )
Karena agama agama lain / kepercayaan lainnya adalah suatu kedustaan maka tidak ada cara cara lainnya untuk mensyiarkan kecuali dengan melalui tipu daya pula. Mustahil mereka akan menyampaikan dengan cara cara kebenaran karena bertentangan dengan agama / kepercayaan mereka. Sehingga kebenaran telah diputar balikkan fakta fakta telah dijungkir balikkan agar nampak seakan akan suatu kebenaran sehingga manusia bisa menerimanya. Tetapi yakinlah bahwa hanya manusia manusia  yang tidak berakal sajalah yang mau menerima kebohongan itu.

3.     Mar’ah ( Wanita )
Wanita diciptakan oleh Allah SWT memang memiliki daya tarik tersendiri ( sehingga wanita sholechah dikatakan sebagai perhiasan yang paling indah didunia ini.)  Maka daya tarik wanita ini banyak yang dimanfatkan untuk merayu kaum laki laki agar bisa masuk dalam perangkap kebathilan. Tidak sedikit laki laki yang akhirnya murtad gara gara cinta buta kepada seorang perempuan musyrik, dan hal ini sudah menjadi salah satu jurus untuk mensyiarkan agama / kepercayaan bathil lainnya.

4.     Maal ( Harta Benda )
Salah satu fitnah akhir zaman adalah harta benda yang melimpah sehingga hal ini tak luput dari cara cara untuk menarik seseorang yang Imannya lemah agar mau menukar Imannya dengan sekadar materi yang sangat hina di sisi Allah SWT. Sesungguhnya mereka yang mau menukar Imannya dengan hanya sekedar materi yang hina adalah orang yang fakir Iman dan bukan fakir harta. Walau seorang yang sangat miskin namun jika memiliki Iman yang sangat kuat mustahil dia mau menukar Imannya itu dengan kebendaan apalagi hanya sebungkus mie instan. Sebaliknya walau hartanya banyak namun imannya miskin maka akan sangat mudah sekali terjebak dengan fitnah kebendaan.

Sebaliknya agama Islam adalah agama yang haq dan satu satunya  agama yang diridhai Allah SWT sebagaimana orang yang hidup maka cukup dengan dua kaki saja akan bisa bergerak kemana mana.

1.     Dakwah
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
( QS Ali Imran ayat 110 )

Dalam ayat di atas telah disebutkan bahwa ummat Islam keseluruhannya adalah ummat terbaik dari seluruh ummat manusia yang ada dengan syarat mau menjalankan fungsinya yaitu dengan berdakwah menyampaikan kalimah Iman kepada seluruh ummat manusia. Hanya dengan dakwah sajalah agama Islam ini bisa tersebar keseluruh ummat manusia, tanpa dakwah bagaimana mungkin agama Islam sampai kepada seluruh ummat manusia ?

2.     Do’a
Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya). ( QS An Naml ayat 62 )

Dakwah tanpa do’a adalah hal yang tidak mungkin karena mustahil dakwah kita akan berhasil tanpa pertolongan dari Allah SWT dan mustahil kita bisa bertahan dari segala macam ujian dan cobaan dalam berdakwah kalau tidak mendapat perlindungan dan kekuatan dari Allah SWT. Sehingga dakwah dan do’a adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisah pisahkan.

Saat ini kita sangat risau dengan adanya penyebaran yang semakin pesat dari agama agama lain / kepercayaan sesat lainnya, namun sesungguhnya permasalahan yang harus kita hadapkan pada diri sendiri adalah sejauh mana kita telah ambil bagian dalam dakwah agama islam ini, sampai sejauh mana kita sudah menyampaikan kalimat Iman ini kepada semua ummat manusia. Siapa saja yang sudah kita kunjungi dan sampaikan kalimat Iman ini sebagaimana dahulu para Shahabat ra ajmain telah sampaikan kalimat Iman ini kepada semua ummat manusia didunia. Kapan kita telah berdo’a kepada Allah SWT dan berapa kali kita telah berdo’a kepada Nya untuk memohon pertolongan-Nya dan sejauhmana kesungguhan kita dalam bermohon kepada-Nya.

Barangkali ini merupakan peringatan keras dari Allah SWT kepada ummat Islam karena banyak sekali fitnah kepada ummat Islam akhir akhir ini . Maraknya nabi nabi palsu , ajaran ajaran sesat yang terus menjalar dan menggerogoti ummat Islam.

Ya Allah kami mohon kepada Engkau Yang Maha Kuasa
Berilah kami hidayah-Mu, dan sempurnakanlah Hidayah ini pada kami
Ya Allah kami mohon kepada Engkau Yang Maha Berkehendak
Berilah kami kesempatan, kemudahan dan pertolongan dari sisi-Mu
Untuk kami tetap istiqomah dalam menjalani segala Perintah Perintah-Mu mengikuti sunnah Rasul-Mu
Dan hantarkan kami keseluruh alam untuk menjumpai ummat manusia seluruhnya dalam rangka mendakwahkan agama Islam ini
Agar kalimat Iman ini sempurna tegak dimuka bumi ini
Dan agar tak ada manusia satupun nantinya yang akan menuntut kami karena kami belum sampaikan kalimat Iman ini kepadanya.
Hanya Engkau saja Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Hanya Engkau sajalah Ya Allah Yang Maha Pemurah dalam mengabulkan doa’ do’a kami.
Aamiin Ya Rabbal aalamiin.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.