Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Thursday 19 October 2017

Sang Singa yang Bangga






Segala puji hanya bagi Allah Rabbul’alamin, Dia tiada henti melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Dari sekian banyak nikmat Allah, nikmat yang paling agung adalah nikmat hidayah, hidayah lahir dalam keadaan Islam, ditengah-tengah keluarga yang beragam Islam. Tidakkah kita bangga dengan karunia nikmat ini. Nikmat sebagai seorang muslim. Seminim minimnya syurga bagi orang yang beriman adalah sepuluh kali lipat daripada bumi seisinya. Maka sesungguhnya seorang beriman adalah Raja yang jauh lebih hebat dari raja raja manapun di dunia ini dan akan kekal abadi untuk selama lamanya.

Namun, terkadang diri ini terlena, terlena akan status beragama Islam yang telah melekat sejak lahir, sehingga tidak bangga dan bahagia dengan Syari’at Islam.. Alangkah sangat mengherankan jika ada seorang muslim yang merasa malu dengan keislamannya. Ciri ciri keislamannya dia sembunyikan dikira sudah ketinggalan zaman. Budaya budaya modern jahiliyah malah dianutnya dengan rasa kebanggaan padahal justru dengan mengikuti budaya modern itu tanpa disadarinya dia telah terjatuh dengan serendah rendahnya pada derajad yang sangat hina.

Bukankah Allah telah berfirman dalam QS Ali ‘Imran: 19,


إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللهِ الْإِسْلَامُ


“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam”,


Dan bukankah agama Islam ini adalah agama yang paling sempurna, karena Allah sendiri telah menyebutkannya dalam firman-Nya:


الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا


“Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian dan Aku pun telah ridha Islam menjadi agama bagi kalian.” (QS. Al Maa’idah: 3).


Maka, apa gerangan yang membuat iman ini futur (lemah), dan diri ini lalai akan status keislaman yang begitu mulia? Mari kita mengenal kembali agama kita ini, agar cinta yang sudah ada, kian bersemi, sehingga membuahkan amalan-amalan yang benar-benar mengharap perjumpaan indah dengan Sang Khaliq.


Apa itu Islam?


Diceritakan ada sebuah dongeng seekor anak singa yang tersesat lalu masuk kedalam sekawanan domba domba. Karena hari hari dilalui bersama domba domba maka perlaha namun pasti kebiasaan singa berubah menjadi seperti seekor domba. Makannya tidak lagi daging perilakunya juga sudah sebagaimana seekor domba. Ketika anak anak domba lainnya membangga banggakan tanduknya maka si anak singa itu merasa malu sebab tidak punya tanduk. Lebih malu lagi dia tidak mampu menirukan suara domba mengembik. Demikianlah hari hari dalam kehidupannya dilalui dengan perasaan malu sedih dan keputus asaan sebab tidak seperti anak anak domba lainnya.


Pada suatu hari sekawanan Singa tengah mengendap endap akan memangsa domba domba itu. Mengetahui ada segerombolan singa singa kontan domba domba melompat berlarian ketakutan setengah mati berusaha menyelamatkan dirinya. Tak ayal anak singa yang sudah terbiasa berkumpul dengan dombapun berlari dan berlari ketakutan menghindar singa singa yang nampak garang. Seekor Singa jantan melihat ada seekor anak singa berkumpul dengan domba domba keheranan dan singa itupun lalu mengejar anak singa yang ketakutan. Setelah tertangkap anak singa memohon ampun agar tidak dimangsa .


Singkat cerita anak singa lalu dipelihara dan dididik menjadi seekor singa sejati. Barulah anak singa itu menyadari siapa dirinya yang sebenarnya bahkan anak singa itupun bangga sebagai seekor singa yang sebetulnya jauh lebih kuat dan lebih hebat daripada domba domba.

Itulah gambaran kita ummat Islam saat ini yang tidak menyadari siapa sebenarnya kita. Maka dengan hanya kembali kepada Islam yang sebenarnya menghidup hidupkan sunnah sunnah Rasul saw ummat Islam akan berjaya kembali sebagaimana zaman keemasan dahulu.


َاْلإِسْلاَمُ يَعْلُوْ وَلاَ يُعْلَى.


“Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.”


Marilah kita kembali kepada Islam, tinggalkan jauh jauh budaya budaya yang tidak sejalan dengan keIslaman, sadarilah bahwa Islam adalah satu satunya agama yang diridhoi Allah SWT.


إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ

[QS Ali ‘Imran: 19]


No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.