Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Friday 15 August 2014

Keadilan

Keadilan adalah sesuatu barang yang dari hari ke hari semakin langka saja. Sungguh sangat sulit sekali menemukan keadilan ini bahkan pada institusi Pengadilan sekalipun tidak begitu saja bisa mendapatkan keadilan ini.
Keadilan adalah suatu yang wajib untuk ditegakkan oleh siapapun dan berlaku untuk siapapun. Rasulullah saw pernah bersabda yang mafhumnya adalah seandainya putri Beliau saw kedapatan mencuri maka hukum potong tangan akan tetap diberlakukan.

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. [QS Al-Maidah : 8].

" Dan Allah Telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. Dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu." (QS. Ar Rahman:7-9).

Orang yang bersifat adil dekat dengan taqwa, dan taqwa adalah derajad tertinggi seseorang di hadapan Allah SWT. Seorang pemimpin yang adil juga akan dijamin mendapat perlindungan Allah SWT di bawah ‘Arasy Nya ketika semua ummat manusia dalam keadaan sengsara di alam Mahsyar

Adil juga bermakna seimbang. Maka adil juga berrmakna menyeimbangkan kehidupan antara dunia dan akhirat. Adilkah kita bila untuk dunia yang hanya sementara kita habis habiskan seluruh waktu , tenaga , uang dan segenap perhatian sedangkan untuk akhirat yang kekal abadi selama lamanya kita hanya beri sedikit itupun sisa sisa yang sudah tidak berguna dari duniawi kita.

Keadilan adalah suatu perjuangan , untuk tegaknya keadilan di muka bumi ini maka terlebih dahulu kita tegakkan keadilan di dalam diri sendiri. Selama keadilan tidak bisa tegak dalam diri masing masing hamba Allah AWT maka Keadilan tidak mungkin bisa tegak di muka bumi ini. Mari kita belajar berbuat adil untuk diri sendiri dan berbuat adil untuk sesama, in syaa Allah.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.