Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Saturday 24 December 2011

Misteri Niat



Niat termasuk perbuatan hati maka tempatnya adalah di dalam hati, bahkan semua perbuatan yang hendak dilakukan oleh manusia, niatnya secara otomatis tertanam di dalam hatinya. Niat hanya Allah SWT sajalah yang Maha Mengetahui, bahkan seorang hamba tidak mengetahui apa niat yang sebenarnya ada didalam hatinya. Maka ketika seseorang mengaku  dan mengatakan  bahwa niatnya adalah ikhlas semata mata mengharap ridla Allah SWT sebenarnya hanya anggapan dirinya saja, adalah perasaan dirinya sendiri. Hakikat niat yang sesungguhnya hanya Allah SWT sajalah yang Maha Mengetahui. Niat ini selalu berbolak balik, bisa saja semula betul betul hanya mengharap ridla Allah SWT namun dalam perjalanan selanjutnya bisa saja tanpa disadari niatnya telah melenceng jauh dari hanya mengharap ridla Allah SWT. Sehingga niat ikhlas bukan untuk disebut sebut dihadapan manusia melainkan untuk senantiasa dikoreksi sebelum beramal, saat melaksanakan amal dan selesai melaksanakan amal apakah tetap ikhlas semata mata mengharap ridla Allah SWT saja.

“Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. dan Allah Maha mengetahui segala isi hati.” ( QS At Taghaabun ayat 4 )

Tanda tanda niat yang ikhlas pada diri seseorang adalah tidak sombong manakala dipuji puji dan tidak sakit hati manakala dirinya dicaci maki ketika beramal dan senantiasa istiqomah dalam beramal.

13.“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan Kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita”.

14.”mereka Itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan”. ( QS Al Ahqaaf ayat 13 s/d 14 )

Istiqamah ialah teguh pendirian dalam tauhid dan tetap beramal yang saleh.

Pentingnya  niat seorang hamba sehingga Allah SWT hanya melihat kepada isi hati seorang hamba dan tidak melihat kepada bentuk tubuh dan rupa

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan hatimu”. [HR. Muslim]

Beberapa fadlilah niat ikhlas lainnya adalah 

1. Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya. (HR. Abu Dawud)

2. Dari Abu Huraira radhiyallahu `anhu , ia berkata : “Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam  bersabda : “Siapa yang bersedekah dengan sebiji korma yang berasal dari  usahanya yang halal lagi baik (Allah tidak menerima kecuali dari yang halal lagi baik), maka sesungguhnya Allah menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya kemudian Allah menjaga dan memeliharnya untuk pemiliknya seperti seseorang  di antara kalian yang menjaga dan memelihara anak kudanya. Hingga sedekah tersebut menjadi sebesar gunung.” Muttafaq ’alaih

Ya ALLAH, Wahai yang Maha Agung,
Kurniakan kami keikhlasan daripada apa pun yang kami katakan,
Kurniakan kami keikhlasan daripada apa pun yang kami lakukan,
Jadikanlah apa pun yang kami perbuatkan semata mata kerana MU Ya ALLAH,
Lindungi kami dari ketamakan pujian dan penghormatan makhluk-makhluk Mu,
Lindungi kami dari ketamakan akan balas budi dari hamba-hamba Mu,
Lindungi kami dari ketamakan atas dunia ini Ya ALLAH..

Amin ..Amin..Amin..Ya Rabbal Alamin

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.