Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Saturday 10 December 2011

FUNGSI SEORANG MUKMIN


“Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seumpama bangunan saling mengokohkan satu dengan yang lain.” (Kemudian Rasulullah Saw merapatkan jari-jari tangan beliau). (Mutafaq'alaih)

Ibarat satu tubuh yang apabila ada salah satu anggota tubuh mengalami kesakitan maka seluruh badan lainnya turut merasakan sakitnya pula. Mukmin satu dengan mukmin lainnya akan saling menambahkan saling melengkapi saling menyempurnakan ibarat dua buah angka masing masing bernilai 10, maka apabila keduanya ditambahkan akan bernilai 20, jika keduanya dikalikan maka akan menjadi bernilai 100, terlebih lebih lagi jika keduanya merupakan fungsi pemangkatan maka nilainya akan menjadi 10 pangkat 10 = 10.000.000.000. Bagaimana pula apabila banyak mukmin yang saling menguatkan satu sama lainnya, tidak bisa dibayangkan kedahsyatan potensi yang ditimbulkan jika benar benar memahami fungsi mukmin satu dengan lainnya. Niscaya hidayah akan mudah tersebar dan kemenangan Islam tidak akan lama lagi muncul kepermukaan mengalahkan semua musuh musuh Islam yang sebenarnya yakni yahudi , nashara dan syaithon. Musuh kita bukanlah sesama muslim, bagaimanapun mereka adalah saudara kita dan kita diwajibkan saling berkasih sayang sesama ummat islam

“orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)". dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu”. ( QS Al Baqarah ayat 120 )

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” ( QS Al Baqarah ayat 208 )

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya Maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.”( QS Al Fath ayat 29 )

Maka hendaknya diantara sesama mukmin penting untuk selalu menjaga hal hal diantaranya adalah :

1. Saling memuliakan diantara sesama mukmin karena Allah SWT telah memuliakan seorang hamba karena keimanannya.

“ Tidak ada orang yang lebih mulia di sisi Allah dari seorang mukmin.” (HR. Ath-Thabrani)

2. Tidak membeda bedakan diantara sesama mukmin / muslim karena pada hakekatnya kedudukan seorang hamba disisi Allah SWT adalah sama melainkan kadar ketaqwaannya, dan hanya Allah SWT sajalah yang Maha Mengetahui siapa diantara hamba hamba Nya yang paling bertaqwa.

“Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” ( QS Al Hujurat ayat 13 )

“ Umatku (umat Muhammad) ibarat air hujan, tidak diketahui mana yang lebih baik awalnya atau akhirnya. ” (Mashabih Assunnah)

3. Menyadari sepenuhnya bahwa seorang mukmin adalah bahagian tak terpisahkan dari mukmin lainnya. Semakin banyak yang kita jadikan saudara maka semakin kuat juga keberadaan kita

“Seorang menjadi kuat karena banyak kawannya.” (HR.Ibnu Abi AdDunia dan Asysyihaab)

4. Jangan pernah mencari cari kesalahan dan kelemahan saudara mukmin lainnya karena sikap seperti itu adalah bentuk kesombongan yang tidak disadari karena seakan akan dirinya terbebas dari segala kesalahan dan kelemahan. Sebagai hamba Allah kita tidak terbebas dari kesalahan dan dosa serta kelemahan kelemahan sebagai manusia biasa. Itulah sebabnya Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk senantiasa memohon ampunan Nya atas segala kesalahan dan dosa yang selalu kita buat dan memohon pertolongan Nya atas segala kelemahan kelemahan kita

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir”( QS Al Baqarah ayat 286 )

Demikianlah hendaknya beberapa fungsi seorang mukmin terhadap mukmin lainnya sehingga terwujud ukhuwwah islamiyah yang benar benar kokoh. Semoga Allah SWT beri kekuatan dan kemudahan untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari hari,

Ya Allah
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

aamiin ya rabbal aalamiin.

No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.