Dakwah Maksud Hidup


widgeo.net

Wednesday 23 March 2011

Witing Tresna Jalaran Saka Kulina


Witing Tresna Jalaran Saka Kulina

Sebuah pepatah jawa yang menyebutkan bahwa “ Witing tresna jalaran saka kulina “ yang artinya kurang lebih tumbuhnya cinta itu dikarenakan sebab terbiasa .  Sedangkan sesuatu yang sudah menjadi kecintaan tidak akan pernah dilupakan, terasa semakin ni’mat dan menjadi asbab kebahagiaan. Seorang petani tua renta karena dia sangat mencintai pekerjaannya yaitu bercocok tanam di sawah atau dikebunnya maka dia tidak akan pernah lupa untuk selalu bangun pagi pagi sekali mempersiapkan segala sesuatunya untuk bekal berangkat ke sawah atau kebunnya.  Walau di usia nya yang sudah semakin renta namun pekerjaan itu dilakukannya dengan penuh keni’matan dan hatinya akan merasa bahagia jika telah berhasil menyelesaikan semua “kewajibannya” sebagai seorang petani.

Keajaiban cinta ini sungguh luar biasa, apapun dapat dikorbankan demi kecintaan ini. Petani tua itupun telah rela mengorbankan segalanya demi kecintaannya pada pertanian. Ia telah rela mengorbankan waktunya , mengorbankan hartanya bahkan mengorbankan badannya disengat teriknya matahari atau didera derasnya hujan dan bergelut dengan tanah lumpur. Semua itu tidak terasa sebagai beban melainkan terasa sebagai suatu keni’matan tersendiri yang hanya dia saja dapat merasakan keni’matan dan kebahagiaan itu. Semuanya ini berawal dari suatu hal yang biasa lalu dibiasakan dan kemudian menjadi terbiasa, lambat laun laun kebiasaan itu telah menumbuhkan rasa cinta yang pada akhirnya menjadi cinta yang luar biasa. Dengan ketekunan dan kesungguhan serta dipenuhi dengan hati yang sangat cinta maka tak heran akhirnya telah membuahkan hasil panen yang luar biasa .

Demikian juga bila kita mengamalkan suatu amal ibadah semisal sholat. Dari dulu sampai kini dan sampai akhir zaman sholat tetaplah seperti yang telah disunnahkan Rasulullaah saw tidak ada perubahan. Tetapi dengan senantiasa menjalankan sholat secara rutin maka dimaksudkan untuk semakin menumbuhkan rasa cinta didalam hati. Maka setiap kali sholat hadirkanlah perasaan cinta itu , cinta kepada amal sholat itu sendiri dan terlebih lebih cinta kepada Allah SWT yang telah memberi kita amal sholat. Demikian pula dengan seluruh amal amal lainnya manakala kita melaksakannya tumbuhkan dari dalam hati kita kecintaan terhadap amalan agama ini dan terlebih lagi kecintaan kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan amalan ini kepada kita. Maka dari waktu kewaktu amalan amalan agama yang kita kerjakan akan semakin bermakna dan ada ruhnya bukan sekedar rutinitas karena dari waktu ke waktu semakin mendekatkan diri kita kepada Nya, dari waktu ke waktu kita semakin cinta saja kepada amal agama ini terlebih lebih lagi cinta kita kepada Dzat Yang Maha Mencintai .

Itulah sebabnya amal agama dari sejak dahulu sampai akhir zaman nanti tetap sama dan akan tetap sama tidak boleh dirubah namun dengan lagi dan lagi kita terus mengulang ulangnya akan menumbuhkan perasaan cinta dari dalam hati ini dan inilah salah satu pertanda bahwa pengamalan kita benar. Akan tetapi jika dari waktu kewaktu kita tidak semakin dekat dengan Allah SWT tidak ada getaran getaran cinta terhadap amal amal agama ini maka boleh jadi kita masih belum benar didalam pengamalan agama ini. Agama diciptakan oleh Allah SWT karena teramat cintanya Allah SWT kepada hamba hamba-Nya ini . Jika amal agama ini dikerjakan sesuai Kehendak Allah SWT dan sesuai contoh dari Rasulullaah saw maka pasti, pasti dan pasti akan membawa kebahagiaan , kemuliaan dan kecintaan.

31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( QS Ali Imran ayat 31 )

29. orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik. ( QS Ar Ra’d ayat 29 )

30. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan Kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu". ( QS Fushshilat ayat 30 )

Ya Allah mudahkanlah kami dalam mengamalkan agama ini dengan istiqomah
Ya Allah tumbuhkan kecintaan pada amal amal agama ini dari dalam hati kami
Ya Allah anugerahkan kami cinta kepada Mu, cinta kepada Nabi Mu cinta kepada Agama Islam melebihi diatas segala gala cinta kami
Kabulkanlah do’a kami ya Allah Rabbal ‘aalamiin 



No comments:

Post a Comment

Kami akan sangat berbahagia apabila anda memberi komentar atas tulisan di atas. Jazakallooh atas segala perhatiannya.